Dark/Light Mode

Rayakan HUT Ke 53

Kadin Fokus Pulihkan Kesehatan Dan Ekonomi

Jumat, 24 September 2021 11:20 WIB
Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid. (Foto: Dok. Kadin Indonesia)
Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid. (Foto: Dok. Kadin Indonesia)

 Sebelumnya 
Menurut Arsjad, di usia 53 tahun ini merupakan momentum yang tepat bagi Kadin Indonesia untuk mensyukuri dan merayakan segala pencapaian pengusaha, sebagai salah satu komponen bangsa yang berperan penting bagi kemajuan perdagangan dan industri. Selain itu, sebagai momentum tepat untuk melakukan evaluasi dan menyusun rencana yang startegis untuk iklim dunia usaha ke depan.

Pada kesempatan ini, Arsjad menyoroti Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang cukup terpukul akibat pandemi.

Baca juga : HUT Ke-31, Guardian Berikan Penghargaan Pada Tokoh Inspirasional

"UMKM biasanya cukup diandalkan menopang ekonomi seperti ketika krisis yang pernah dilalui, namun tidak untuk kali ini. Sehingga UMKM ini harus menjadi perhatian serius kita bersama," ajak dia.

Kadin, lanjut Arsjad, akan mendorong pelaku UMKM untuk naik kelas dan berdaya saing baik di dalam negeri maupun di pasar global. Yakni, dengan melakukan pengembangan kawasan dan integrasi UMKM agar masuk rantai pasok. Selain itu, mendorong digitalisasi koperasi dan UMKM, inkubasi bisnis koperasi dan UMKM, serta skema pembiayaan sesuai model bisnis dan komoditas.

Baca juga : Sekjen Kemendes Ungkap Strategi BUMDes Pulihkan Ekonomi Nasional

"UMKM berkontribusi dalam penyerapan tenaga kerja. Kita harapkan pelaku UMKM bisa beradaptasi dengan teknologi, dan mempunyai literasi digital untuk dapat mengembangkan pasar dan bisnisnya," ujarnya dia.

Untuk diketahui, Kadin Indonesia merupakan satu-satunya induk organisasi dunia usaha yang dibentuk berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1987 sebagai wadah komunikasi dan konsultasi antar pengusaha Indonesia dan antara pengusaha Indonesia dengan Pemerintah. Serta sebagai jembatan yang menyatukan kepentingan pengusaha Indonesia dengan pengusaha asing.

Baca juga : Pertamina Lubricants Berbagi dengan Yatim Dan Dhuafa

Kadin telah menjadi tulang punggung perekonomian nasional, terutama dalam hal mewujudkan pemerataan, keadilan dan kesejahteraan rakyat, serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa untuk meningkatkan ketahanan nasional dalam percaturan perekonomian regional dan internasional. [SRF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.