Dark/Light Mode

Bisa Untuk Skilling, Upskilling, Reskilling

Kartu Prakerja Punya Manfaat Banyak, Jangan Disia-siakan

Jumat, 8 Oktober 2021 19:53 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kedua kiri, belakang) dengan para alumni Program Kartu Prakerja di kawasan kuliner Karangmloko, Yogyakarta, Jumat (8/10). (Foto: Humas Ekon)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kedua kiri, belakang) dengan para alumni Program Kartu Prakerja di kawasan kuliner Karangmloko, Yogyakarta, Jumat (8/10). (Foto: Humas Ekon)

RM.id  Rakyat Merdeka - Program Kartu Prakerja telah mendapatkan perhatian besar dari masyarakat di masa pandemi ini. Antusiasme masyarakat terlihat dari 75 juta orang yang mendaftar, sejak pertama kali program ini diluncurkan pada tahun lalu.

Melalui Program Kartu Prakerja, pemerintah telah menyalurkan insentif sebesar Rp 13,36 triliun pada tahun 2020.

Untuk tahun ini, sebesar Rp 9,42 triliun juga telah disalurkan, sebagaimana tercatat per Oktober 2021.

Baca juga : Airlangga Kunjungi Medan, Kota Dengan Peserta Program Kartu Prakerja Terbanyak Di Pulau Sumatera

Program Kartu Prakerja inklusif telah menjangkau peserta di 514 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Jumlah penerima setiap provinsi mayoritas mengalami peningkatan.

Dalam setiap kesempatan kunjungan kerja, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga bertemu langsung dengan para penerima Program Kartu Prakerja, untuk mendengarkan suka dan duka para alumni Program Kartu Prakerja. Serta berdialog mengenai manfaat yang telah diterima, setelah mendapatkan pelatihan dan insentif dari program tersebut.

Memulai serangkaian agenda dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada Jumat (8/10), Menko Airlangga juga bertemu muka dan berbincang langsung dengan para alumni Program Kartu Prakerja di kawasan kuliner Karangmloko, Yogyakarta.

Baca juga : Erick: Indonesia Punya Kesempatan Besar, Jangan Disia-siakan

Pertemuan yang diselenggarakan dengan konsep back to nature di area terbuka tersebut, berlangsung dalam suasana yang hangat dan santai.

Setibanya di lokasi acara, Menko Airlangga memberi contoh dan mengajak seluruh yang hadir untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).

Sebagai informasi, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan salah satu provinsi yang memiliki jumlah penerima Program Kartu Prakerja yang meningkat, dari tahun 2020 ke 2021.

Baca juga : Otsus Papua Punya Manfaat Besar, Kekurangannya Bisa Diperbaiki

Berdasarkan jumlah penerima, DIY berada di posisi ke-16 nasional. Dari gelombang 1 hingga 21, total penerima Program Kartu Prakerja di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sebanyak 258.176 penerima.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.