Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sambut Kemenangan Jokowi 2 Periode

Pengusaha Minta Izin Usaha Dan Investasi Segera Online

Rabu, 22 Mei 2019 10:06 WIB
investasi di sektor  pelabuhan
investasi di sektor pelabuhan

RM.id  Rakyat Merdeka - Kalangan dunia usaha menyambut baik hasil rekapitulasi suara KPU atas  kemenangan Jokowi dan Ma'ruf Amin di Pilpres 2019, Senin (20/5) pagi.  Mereka berharap hal ini bisa mendorong mendorong tumbuhnya dunia usaha dan investasi menjadi lebih kinclong. Khususnya dalam membangun system perizinan Online Single Submission (OSS) di daerah. 

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani menyatakan hasil perhitungan suara ini sesuai prediksi dan harapan pelaku usaha. Dengan berlanjutnya pemerintahan Presiden Jokowi  dua periode, diyakini ada kepastian stabilitas iklim usaha yang selama ini sudah dibangun pemerintah.

“Intinya hasil ini sesuai dengan ekspektasi dunia usaha. Ke depan, pelaku usaha bisa menciptakan iklim sesuai regulasi atau kebijakan yang sudah diambil pemerintah sebelumnya. Bahkan, peluangnya besar untuk melanjutkan program-program yang telah dicanangkan, terutama terkait program infrastruktur,” kata Hariyadi.

Baca juga : Jokowi: Saya Pemimpin 100% Rakyat Indonesia

Ia memastikan, dengan hasil real count KPU ini, pengusaha tidak akan wait and see lagi, pelaku usaha bakal tancap gas meningkatkan bisnisnya tahun ini. "Kita bisa langsung akselerasi, karena yang unggul adalah petahana. Tinggal jalankan saja program-program yang sudah terencana tanpa harus ada masa transisi," katanya lagi.

Ia mengakui, kondisi dunia usaha memang sempat memanas karena adanya penolakan hasil quick count oleh salah satu pasangan calon, saat itu pengusaha juga sedikit wait and see. “Dengan hasil saat ini, semua lega. Politik aman, kondisi ekonomi kita juga stabil. Tinggal kita genjot saja agar tumbuh positif," ujarnya.

Terkait akselerasi pengusaha pasca Pemilu, Hariyadi mengatakan, sejak memerintah di 2014, Jokowi selalu membuka komunikasi dengan para pengusaha. Sehingga terjalin komunikasi yang intens.

Baca juga : Akui Kemenangan Jokowi, PAN Hanya Gugat Hasil Pileg di 5 Dapil

"Hal ini lah yang menjadi modal keyakinan pelaku usaha, sesudah Pemilu iklim usaha dan Ekonomi akan lebih baik. Berbagai kebijakan yang sudah dikeluarkan pemerintah selama ini juga sudah memudahkan investasi dan bisnis. Intinya, kita tinggal jalankan saja, tidak banyak penyesuaian," tegasnya.

Ia melanjutkan, agar target-target pemerintah dan pelaku usaha bisa tercapai tahun ini, pemerintahan baru harus membuat suasana nyaman dalam dunia usaha melalui kebijakan yang berkesinambungan.

Memang, kata dia, masih ada PR yang harus dibenahi pemerintah agar ekonomi makin bergairah. Salah satunya, adalah masalah perizinan bagi pelaku usaha dan investasi.

Baca juga : Jelang 22 Mei, Malaysia Minta Warganya Di Indonesia Berhati-hati

"Masih ada investor mengeluhkan sistem perizinan di daerah masih belum bisa melalui Online Single Submission (OSS). Padahal, untuk mendapat perizinan dari pemerintah pusat sudah jauh lebih baik," ujarnya.

Karena itu, kata Hariyadi, ke depan pelaku usaha berharap penerapan sistem OSS ini bisa dijalankan secara maksimal, terintegrasi, dan terpadu di seluruh wilayah lndonesia. (NOV)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.