Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Akui Kemenangan Jokowi

Rocky Gerung Diminta Ingetin Prabowo Supaya Bisa Legowo

Kamis, 18 April 2019 10:20 WIB
Rocky Gerung (Foto : Istimewa).
Rocky Gerung (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Beberapa lembaga survei menggelar hitung cepat (quick count) hasil pemilu serentak 2019 di seluruh Indonesia. Hasilnya, mayoritas lembaga survei memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dengan persentase di atas 50 persen lebih. 

Tetapi, kemenangan Jokowi versi quick count itu tak dipercayai begitu saja oleh Prabowo-Sandi maupun tim pemenangan. Tak terkecuali Rocky Gerung. Akademisi yang lihai memainkan narasi berpikir itu justru mengakuinya. 

Pengakuan Rocky atas kemenangan Jokowi diunggah melalui akun twitternya. “Kalian udah menang tapi masih caci-maki gue. Ya tetap dungu,” cuit Rocky. 

Rocky merasa kesal dengan warganet yang menyerangnya, meskipun mayoritas lembaga survei sudah memenangkan pasangan capres yang didukung oleh PDIP, Golkar, Nasdem, PPP dan partai lainnya. 

Sejumlah lembaga survei memenangkan pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin dalam quick count atau hitung cepat Pilpres 2019. Litbang Kompas menyebutkan Jokowi-Ma’ruf: 54,57%, Prabowo-Sandiaga: 45,43%. Media Survei Nasional (Median) Jokowi-Ma’ruf: 54,12%, Prabowo-Sandiaga: 45,88%. 

Baca juga : Jokowi Sapa Rakyat Indonesia Dengan Berbagai Bahasa Daerah

Indo Barometer pasangan Jokowi-Ma’ruf: 54,31%, Prabowo-Sandiaga: 45,69%. LSI Denny JAmenyebutkan Jokowi-Ma’ruf: 55,38%, Prabowo-Sandiaga: 44,62% 

Lalu, CSIS-Cyrus Jokowi-Ma’ruf: 55,6%, Prabowo-Sandiaga: 44,4%. Charta Politika Jokowi-Ma’ruf: 54,42%, Prabowo-Sandiaga: 45,58% 

Sikap Rocky yang mengakui kemenangan Jokowi tentu saja diapresiasi dan disambut baik oleh warganet, terutama para pendukung inkumben. Arifin G @ArifinG5 misalnya memberikan jempol atas sikap negarawan Rocky Gerung. 

“Alhamdulillah bung Rocky udah mengakuinya. Itulah yang dinamakan #presidenakalsehat semoga setelah ini rakyat Indonesia bisa lebih harmonis dalam menjalani hubungan berbangsa dan bernegara 1 tanah air Indonesia,” pujinya. 

Pujian juga diucapkan oleh Lalat. “Makasih pak profesor, udah berbesar hati ngaku kalah, mending ingetin boss Wowo supaya legowo menerima realita,” dia menyarankan. 

Baca juga : Turun Dari Delman, Jokowi-Maruf Disambut Warga Tangerang

Wid @widyallmine ikut memuji sikap Rocky yang menerima kekalahan walaupun pahit. “Belajarlah menerima kekalahan. Kami yang menangpun gak akan merasa jagoan, jadi biasa saja, itulah realita hidup ada kalah ada menang.” 

Sementara, Fukse Rizky menggoda Rocky. Godaannya terkait jabatan menteri yang terancam batal jika Prabowo kalah. “Ciyeer terancam gagal jadi menteri yeer,” canda dia yang ditimpali oleh Indian. “Batal deh jadi menteri,” sindirnya. 

Berbeda, @anonLokal tak sependapat dengan komentar Rocky yang mengakui kemenangan Jokowi sebelum ada keputusan resmi dari KPU. “Menang dari mana om @ rockygerung? Jangan percaya, kita lagi ditipu oleh quick count,” sanggahnya. 

Menguatkan, Sukmara303 @PramanaRinaldi menegaskan, hasil dari quick count belum tentu sesuai dengan real count. Ia pun mencontohkan beberapa kasus di pilkada yang dimenangkan hasil quick count ternyata kalah. 

“Ini persis sama seperti pilgub DKI ketika Ahok vs Anies Sandi. Rakyat sudah berjuang tinggal para elite. Jangan pada diem bila media sudah dikuasai, hanya doa yang bisa mampu mengubah segalanya. Terima kasih,” ujar dia, memberi support. 

Baca juga : Difitnah Setting Kemenangan Jokowi 75 Persen, KPU Siap Lapor Ke Polri

Putri Servita @putriservita mengaku tidak percaya dengan hasil quick count. “Semoga hasil penghitungan resmi di KPU berbeda dengan quick count. Aamiin,” ia berdoa, kemudian diaminkan oleh samurai26 @samurai264. “belum menang, quick count belum bisa dibilang valid.” 

Sarah Azzahra @sarzzahra meminta kepada Rocky Gerung tidak patah semangat dalam memperjuangkan kebenaran. Semangat yang ditunjukkan akan membuat mental rakyat semakin kuat. “Jangan pesimis tolong. Inshaallah menang,” dia meminta. 

Terakhir, JAR. @MFAlfath meminta Rocky tidak ngasih angin pake bilang menang. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :