Dark/Light Mode

Bikin Kantor Di Solo, Shopee Bidik Buka 2.000 Lapangan Kerja

Senin, 11 Oktober 2021 21:47 WIB
Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja berasana Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meresmikan kantor Shopee di Solo. (Foto: ist)
Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja berasana Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meresmikan kantor Shopee di Solo. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Shopee Indonesia meresmikan Kantor Shopee di Kota Solo, Jawa Tengah. Pembukaan kantor baru ini dbisa membuka lapangan pekerjaan bagi 2.000  masyarakat lokal hingga 2022 mendatang. 

Kantor Shopee Solo ini hadir di Paragon Mall menempati 2 lantai dengan luas area lebih dari 7.000 meter persegi. Kehadiran Kantor Shopee ini merupakan bagian dari upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi, dengan fokus untuk menyediakan dukungan yang berkesinambungan bagi pertumbuhan UMKM lokal di Solo dan sekitarnya. 

"Pembukaan kantor di Solo ini juga diharapkan dapat memberikan masyarakat lokal kesempatan untuk menjadi bagian dalam perusahaan teknologi berkelas dunia, tanpa perlu merantau ke kota besar," ucap Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja dalam konferensi pers pembukaan kantor Shopee secara virtual, Senin (11/10).

Baca juga : Pensiun Dari GIC, Komisaris Bukalapak Mengundurkan Diri

Diketahui, jumlah pengangguran terbuka di Kota Solo yang mengalami kenaikan akibat dampak pandemi pada 2020 sebesar 90,59 persen. Handhika melanjutkan, kantor Shopee Solo Paragon juga difokuskan untuk mengakomodir kebutuhan UMKM lokal yang kian berkembang, mulai dari pendaftaran, pelatihan dan juga program ekspor.

Pemulihan ekonomi Indonesia akan sambungnya, bergantung pada UMKM dan tenaga kerja. Jika pihaknya dapat menciptakan peluang dan meningkatkan ketangguhan mereka, juga mampu mencegah terjadinya pengurangan tenaga kerja yang lebih besar dan membantu membangkitkan kembali ekonomi negeri. 

"Kantor Shopee Solo Paragon ini menjawab dua tantangan sekaligus, dan diharapkan dapat membawa lebih banyak orang ke dalam ekosistem ekonomi digital yang kian berkembang, demi pertumbuhan ekonomi daerah," kata Handhika.

Baca juga : Banyak Permintaan, MS Glow Aesthetic Clinic Buka Cabang Di Depok

Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyambut baik pembukaan kantor tersebut. Hal ini sebagai angin segar untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal, selain juga akan mendukung UMKM dengan lebih maksimal. 

"Kami mengajak lebih banyak perusahaan untuk juga membuka kesempatan kerja bagi warga Solo. Kami ucapkan terima kasih bagi Shopee yang membawa Kota Solo untuk menjadi bagian penting dari komunitas dunia, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan perkembangan UMKM lokal, bersama-sama,” kata Gibran. 

Setelah meresmikan Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo pada Mei 2021 lalu, tercatat, Shopee sudah membantu lebih dari 6.500 UMKM lokal ambil bagian dalam Program Ekspor Shopee, dari target 10 ribu UMKM ekspor asal Solo yang akan dicapai hingga akhir tahun ini. 

Baca juga : Bioskop Di Jakarta Boleh Buka 50 Persen Kapasitas

Salah satu kisah sukses UMKM Solo yang berhasil menembus pasar dunia bersama Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo adalah Hartono, pemilik usaha Ajisai Craft Shop. Bisnis Ajisai Craft Shop milik Hartono asal Solo dimulai pada tahun 2017. 

Berkat berbagai pelatihan yang ia ikuti, bisnis Ajisaicraftshop terus berkembang bersama, hingga saat ini tokonya bisa menjual 600 pesanan dalam sebulan dan menambah jumlah karyawan hingga 3 kali lipat, serta mengekspor produknya ke Singapura. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.