Dark/Light Mode

Indonesia Housing Forum 2021 Bahas Hunian Inklusif Berkelanjutan

Selasa, 12 Oktober 2021 13:24 WIB
Konferensi pers virtual terkait rencana penyelenggaraan Indonesia Housing Forum 2021 bertema Membangun Hunian yang Inklusif untuk Masa Depan yang Lebih Baik, Senin (11/10).
Konferensi pers virtual terkait rencana penyelenggaraan Indonesia Housing Forum 2021 bertema Membangun Hunian yang Inklusif untuk Masa Depan yang Lebih Baik, Senin (11/10).

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia Housing Forum 2021 akan berlangsung virtual, Kamis (14/10). Acara kali ini akan digelar untuk umum. Semua masyarakat bisa bergabung pada acara diskusi tersebut. Acara yang digagas oleh Habitat for Humanity Indonesia bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia dan Universitas Trisakti akan membahas banyak seputar perumahan, antara lain inovasi dan menciptakan kolaborasi antar pihak.

"Mengenai kebijakan peningkatan akses perumahan yang aman, layak dan terjangkau," ujar Kepala Badan Pengembangan Kawasan Properti Terpadu Kadin Indonesia, Budiarsa Sastrawinata dalam konferensi pers KADIN dikutip Selasa (12/10).

Indonesia Housing Forum 2021 mengambil tema Membangun Hunian yang Inklusif untuk Masa Depan yang Lebih Baik. Acara ini akan melibatkan seluruh pemangku kepentingan di sektor perumahan dan sektor pendukung terkait lainnya.

Baca juga : Mas Menteri Ingin Ada Lapangan Kerja Berkelanjutan

Budiarsa mengatakan, saat ini adalah momentum yang tepat untuk menyuarakan visi baru untuk kawasan dan hunian yag lebih inklusif dan berkelanjutan. Juga untuk memperkuat komitmen terhadap SDGs dan perubahan iklim ke dalam prioritas nasional dan daerah.

"Hunian atau perumahan merupakan bagian dari sebuah industri besar properti sehingga permasalahan yang dihadapi menjadi sangat kompleks," jelas Budiarsa.

KADIN berharap, nantinya tercipta kolaborasi erat antar pemangku kepentingan untuk meningkatkan kapasitas industri properti. Terutamasektor hunian yang terjangkau di kawasan asia pasifik. Dia bilang pembiayaan perumahan yang terjangkau menjadi isu yang masih harus dicarikan solusi terbaik.

Baca juga : Sambut Seri Kedua, Arema FC Perkuat Ketahanan Fisik Pemain

"Perlu adanya formula khusus untuk memeriksa instrumen pembiayaan dari berbagai pelaku baik di sektor publik maupun swasta untuk mendanai perumahan yang terjangkau," terangnya.

Ketua Jurusan Arsitektur FTSP Usakti, Dr. Etty R K menjelaskan keterlibatan Trisakti adalah sebagai perwakilan dari akademisi. Dalam Housing Forum Indonesia nantinya tidak hanya sebatas melakukan pengajaran dan penelitian. Trisakti ingin berperan aktif terjun memberikan kontribusi kepada masyarakat. "Karena ini sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi," ujar Etty.

Dia menegaskan bahwa Trisakti tidak hanya aktif berwacana tetapi juga berpraktik menghasilkan karya untuk ikut berpartisipasi dalam mendukung pembangunan yang layak. Harapannya  bisa membantu kehidupan perekonomian masyarakat.

Baca juga : Keren, Indonesia Masuk 5 Besar Dunia Jumlah Vaksinasi

"Tentunya dengan teknologi tepat guna dan inovasi konsep perencanaan yang efisien," kata Etty.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.