Dark/Light Mode

Gandeng Batumbu, CIMB Niaga Salurkan Pinjaman Ke UMKM Hingga Rp 50 M

Selasa, 19 Oktober 2021 16:03 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

 Sebelumnya 
"Angka ini akan terus kita push sesuai target RPIM. Kami terus gencarkan dengan pihak lain salah satunya dengan Batumbu ini," ujar Tony.

Hingga akhir tahun, Tony memprediksi pertumbuhan kredit UMKM terus meningkat sekitar 7-8 persen. Mengingat bisnis yang mulai menggeliat, sehingga menimbulkan optimisme ekonomi, seiring dengan kondisi pandemi di Tanah Air yang mulai membaik.

Sebagai gambaran, sepanjang semester I-2021, CIMB Niaga mencatat pertumbuhan portofolio pembiayaan naik 2 persen mencapai Rp 20,5 triliun. Dengan penambahan jumlah debitur sebesar 4 persen sebanyak 6.439 debitur.

Baca juga : Berstatus Siaga, Merapi Semburkan Lava Pijar Hingga 1,8 KM

Untuk pertumbuhan dana murah mencapai 21 persen atau setara Rp 24,3 triliun, dan jumlah nasabah sebesar 8 persen atau sebanyak 89.211 debitur per semester I-2021. Sementara restrukturisasi yang dilakukan CIMB Niaga pada Juni 2021 turun 9 persen.

Dari semula jumlah yang direstrukturisasi sebesar Rp 4 triliun sebanyak 818 debitur, menjadi Rp 2,2 triliun sebanyak 430 debitur.

Sementara itu, CEO Batumbu Jenny Wiriyanto mengatakan, dengan telah terjalinnya kerja sama antara Batumbu dan CIMB Niaga, diharapkan dapat meningkatkan potensi Wira UMKM dalam membangun aliansi kemitraan strategis.

Baca juga : Panen Rezeki Bank BPD, Berikan Hadiah Hingga 3 Miliar

"Kerja sama yang diberikan CIMB Niaga mencapai limit Rp 50 miliar. Dengan penyerapan yang baik cepat semoga akan bertambah komitme ke depannya," ujar Jenny.

Beroperasi sejak Mei 2019, total pinjaman yang disalurkan Batumbu mencapai Rp 4,6 triliun per Juni 2021. Sementara pinjaman yang tersalurkan di 2021 mencapai Rp 3,1 triliun dengan jumlah aplikasi pinjaman sebanyak 10.700, 80.000 invoice dan TKB 100 persen.

"Saat ini market share mencapai 60 persen khusus di Indonesia Timur, karena memang fokus di kawasan tersebut. Suku bunga yang kami tawarkan pun sangat transparan rangenya 10-13 persen per tahun, berbasisnya pada modal kerja. ]DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.