Dark/Light Mode

Upaya Bertahan Di Masa Pandemi

Penting, Dukungan Akademisi Dalam Program Kartu Prakerja

Jumat, 22 Oktober 2021 20:03 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Humas Ekon)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Humas Ekon)

 Sebelumnya 
Rektor Universitas Gadjah Mada Prof. Panut Mulyono mengatakan, materi pelatihan yang ada dalam Program Kartu Prakerja adalah jenis pelatihan yang berisi skill dan kompetensi baru, yang bisa digunakan untuk melakukan usaha baru. Serta menciptakan pasar yang semula belum dipikirkan.

Ini menjadi sangat penting bagi para pekerja atau pencari kerja, yang ingin menyesuaikan skill sesuai permintaan saat ini.

Baca juga : Percepat Masa Tanam Hidroponik, PLN Dukung Program Container Farming

Sebagai informasi, pada semester II tahun 2021, lebih dari 1.600 pelatihan telah diajukan oleh 173 lembaga pelatihan.

Pelatihan-pelatihan ini telah diperiksa dan dimonitor oleh Project Management Office (PMO) bersama tim ahli.

Baca juga : Pasca Pandemi, Dow Perkuat dan Terapkan Program Ekonomi Hijau

Per hari ini, 440 jenis pelatihan dari 97 lembaga pelatihan masih terlibat aktif di dalam ekosistem Kartu Prakerja. Ini menunjukkan bahwa lembaga-lembaga ini sangat ketat menegakkan standar.

“Ini adalah hal yang baik. Saya mengucapkan terima kasih kepada PMO Kartu Prakerja dan seluruh Mitra Kartu Prakerja. Program ini menciptakan pasar baru yaitu pasar pendidikan online. Sebelum launching Program Kartu Prakerja, pasar ini tidak ada,” pungkas Menko Airlangga.

Baca juga : Perubahan Iklim Hingga Digitalisasi Jadi Isu Dalam Pertemuan IMF-World Bank 2021

Staf Ahli Bidang Regulasi, Penegakan Hukum, dan Ketahanan Ekonomi, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Wakil Rektor Universitas Katolik Indonesia Atma jaya, Wakil Rektor Institut Pertanian Bogor, Rektor Universitas Muhammadiyah Malang, Direktur Akademik Universitas Nadhlatul Ulama Indonesia, dan Ketua Yayasan Indonesia Mengajar turut hadir dalam kesempatan tersebut. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.