Dark/Light Mode

Gelar Diskusi Publik Di Banyumas

Gerakan BerkAH Serukan UMKM Optimalkan Ekonomi Digital

Selasa, 26 Oktober 2021 20:22 WIB
Diskusi Publik Gerakan BerkAH di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (22/10). (Foto: Ist)
Diskusi Publik Gerakan BerkAH di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (22/10). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juru Bicara Gerakan BerkAH atau Gerakan Berkreasi Bersama Airlangga Hartarto, Rega Aditya, mengajak anak muda mengambil peran sebagai penggerak ekonomi untuk mengurangi dampak pandemi Covid-19.

Terutama, untuk mendukung UMKM bertahan di masa sulit. Caranya, dengan membangun ekosistem digital bagi mereka.

Baca juga : Gus Halim: Santri Berperan Gerakkan Ekonomi Desa

Rega mengungkapkan, di masa pandemi ini banyak UMKM yang masih mampu bertahan, dan bahkan penjualannya meningkat karena terhubung dengan ekosistem digital.

"Tapi belum semua UMKM yang memanfaatkan digitalisasi. Untuk itu, peran generasi muda di daerah sangat dibutuhkan untuk membantu UMKM dalam mengembangkan pemasaran produk mereka hingga pasar Internasional," ujar Rega.

Baca juga : Relawan Airlangga Hartarto Fasilitasi Dialog Publik Di Berbagai Kota

Hal ini disampaikan Rega saat membuka 'Diskusi Publik Gerakan BerkAH', di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (22/10).

Acara ini diikuti akademisi, santri, komunitas kreatif, pengusaha, seniman, aktivis, ormas, petani, nelayan, UMKM hingga PKL. Gerakan BerkAH adalah komunitas lintas partai, lintas ormas dan generasi muda dan tua.

Baca juga : Kemenkop Catat 15,3 Juta UMKM Tergabung Dalam Ekosistem Digital

Gerakan ini tidak hanya menjadi wadah aspirasi dari seluruh elemen masyarakat. Tetapi juga, sebagai penggerak kesadaran masyarakat, khususnya anak muda, untuk mendukung usaha pemerintah dalam menghadapi situasi pandemi.

Rega mengatakan, pihaknya menggelar kegiatan ini karena kagum kepada sosok Airlangga Hartarto. Menurut dia, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini sejak awal bekerja keras menangani pandemi dan pemulihan ekonomi masyarakat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.