Dark/Light Mode

Gelar Diskusi Publik Di Banyumas

Gerakan BerkAH Serukan UMKM Optimalkan Ekonomi Digital

Selasa, 26 Oktober 2021 20:22 WIB
Diskusi Publik Gerakan BerkAH di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (22/10). (Foto: Ist)
Diskusi Publik Gerakan BerkAH di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (22/10). (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
"Sehingga kami ingin membantu beliau segera membangkitkan perekonomian nasional dengan mengumpulkan aspirasi masyarakat di berbagai daerah. Dan kegiatan dialog publik akan kami lakukan di 17 kab/kota lainnya," jelasnya.

Ketua DPD KNPI Banyumas Gigih Algano mengapresiasi inisiatif komunitas Gerakan BerkAH ini. Gerakan ini dinilau bisa merangkul dan menjadi jembatan seluruh elemen masyarakat dalam upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Baca juga : Gus Halim: Santri Berperan Gerakkan Ekonomi Desa

Dalam upaya pemulihan ekonomi, kata Gigih, memang diperlukan kolaborasi dan sinergitas antara masyarakat, terutama anak muda, untuk mengoptimalkan potensi wilayah masing-masing. Di Kabupaten Banyumas sendiri, Gigih menyebut terdapat 7 ribu UMKM.

"Tapi masih banyak pelaku usaha yang belum memiliki literasi digital. Potensi ini yang perlu dioptimalkan dengan memanfaatkan perkembangan digital," bebernya.

Baca juga : Relawan Airlangga Hartarto Fasilitasi Dialog Publik Di Berbagai Kota

Oleh karena itu, Gigih menilai anak muda perlu serius mengembangkan industri digital di Indonesia.Sebab, kesiapan digital pelaku UMKM sangat dipengaruhi oleh optimisme dan juga kompetisi yang dimiliki anak muda.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Banyumas Arief Dwi Kusuma Wardhana mengatakan, pekerjaan rumah yang harus diselesaikan adalah mendorong anak muda untuk mengembangkan dan mendampingi UMKM di desa menuju digitalisasi.

Baca juga : Kemenkop Catat 15,3 Juta UMKM Tergabung Dalam Ekosistem Digital

Sehingga, UMKM ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di desa. Terlebih, angka usia produktif Indonesia sangat banyak dan didominasi anak muda.

Untuk mewujudkanya, diperlukan kolaborasi dan etos kerja yang kuat dari anak muda dalam mewujudkan ekosistem digital di Banyumas.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.