Dewan Pers

Dark/Light Mode

Lihat Pertumbuhan Ekonomi Jakarta

Wakil Wali Kota Jakpus Ajak Hipmi Blusukan Ke Pasar Poncol-Monas

Senin, 15 Nopember 2021 20:30 WIB
Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi (kanan) bersama Calon Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jakarta Pusat, Rizky Adhitya Ramadhan saat blusukan. (Foto: ist)
Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi (kanan) bersama Calon Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jakarta Pusat, Rizky Adhitya Ramadhan saat blusukan. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi, mengunjungi Pasar Poncol dan area UMKM Monas untuk melihat geliat pertumbuhan ekonomi yang sebelumnya terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Aktivitas perekenomian tradisional dianggap mampu merefleksikan pertumbuhan ekonomi masyarakat di suatu kota. 

Di Jakarta sendiri pemulihan ekonomi terus diupayakan. Di triwulan III-2021 pertumbuhan ekonomi Indonesia memberikan sinyal positif, akibat dari dukungan sektor esensial, kritikal, dan industri yang berorientasi digital. Percepatan vaksin pun memiliki andil dalam pemulihan kondisi ekonomi tersebut.

Berita Terkait : Turut Gerakkan Ekonomi, Ketua DPD Apresiasi Kehadiran Pasar Syariah Di Probolinggo

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) per November 2021 secara year on year (yoy) perekonomian tumbuh 3,51 persen dari sisi permintaan. Selain itu pertumbuhan ini juga didorong oleh peningkatan konsumsi domestik pada pengeluaran konsumsi rumah tangga (PKRT) dan pengeluaran konsumsi pemerintah (PKP).

Irwandi menyaksikan langsung aktifitas pasar tradisional yang kembali bergairah ketika berkunjung ke Pasar Poncol dan pedagang kaki lima di area UKM Monas, Senin (15/11).

“Untuk membangkitkan ekonomi beberapa hal akan direvitalisasi. Salah satunya sarana dan prasarana Pasar Poncol,” ujar Irwandi.

Berita Terkait : Lolos Audit Virtual, Eksportir Sarang Burung Walet Masuk Pasar China Lagi

Hal ini diapresiasi calon Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jakarta Pusat, Rizky Adhitya Ramadhan yang turut mendampingi kunjungan Irwandi.

Pria yang akrab disapa Eki Adhitya ini mengatakan, pihaknya akan membantu menghidupkan ekonomi khususnya melalui UMKM sebagai bagian kolaborasi dari HIPMI Jakarta Pusat dalam menjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah Jakarta Pusat.

Irwandi pun menyampaikan harapannya agar HIPMI Jakarta Pusat melalui Eki Adhitya dapat bersinergi dengan Pemda Jakarta Pusat untuk menumbuhkan perekonomian melalui UMKM dengan pesat. [DIT]

Berita Terkait : Dukung Pertumbuhan Ekonomi, Ini Strategi Menuju Kemandirian Industri Baja Nasional