Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gandeng Komunitas Penyintas Kanker, FKG Usakti Edukasi Pentingnya Bahagia dan Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Minggu, 3 April 2022 19:19 WIB
Gandeng Komunitas Penyintas Kanker, FKG Usakti Edukasi Pentingnya Bahagia dan Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

RM.id  Rakyat Merdeka - Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti (Usakti) menggelar salah satu kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi berupa Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang bekerja sama dengan Komunitas Penyintas Kanker “Kita Bahagia” secara daring, pada Sabtu (2/4).

Dosen FKG Usakti Drg. Caesary Cloudya Panjaitan, MM., MKG mengatakan, kegiatan pendidikan dan pelatihan kesehatan gigi dan mulut untuk Komunitas Penyintas Kanker “Kita Bahagia” untuk mengedukasi masyarakat khususnya komunitas penyintas kanker dengan anggota yang berusia sangat variasi mulai dari 6-76 tahun dengan berbagai latar belakang profesi dari pelajar, wiraswasta, hingga pensiunan PNS.

Baca juga : Sandra Dewi Ajarkan Anaknya Jaga Kesehatan Gigi

Dengan tema "Gigi Kuat, Gusi Sehat, untuk Senyum Komunitas Kita Bahagia". Drg Caesary Cloudya Panjaitan yang juga Ketua Tim PkM FKG Usakti berharap adanya peningkatan pengetahuan, sikap, dan keterampilan masyarakat terhadap pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut, serta berperan aktif sebagai kader yang selalu berbahagia dan berorientasi pada kesehatan gigi dan mulut masyarakat khususnya bagi komunitas penyintas kanker.

Ketua Komunitas Kita Bahagia, Ibu Maria Goretty Intan Endah juga menyambut dengan hangat dan antusias kegiatan penyuluhan dan pelatihan ini yang tercermin dari banyaknya pertanyaan dan diskusi yang sangat aktif antar peserta dan narasumber selama PkM berlangsung.

Baca juga : Kementan Pastikan Penyakit LSD Sapi Tidak Berbahaya Bagi Kesehatan Masyarakat

Pada PkM FKG Usakti kali ini mengundang seorang pembicara tamu yang sudah sangat terkenal di dunia hipnoterapi untuk membantu pasien kanker, dr. Rachmat Budi Santoso, Sp.U(K)Onk dari RS. Dharmais. Beliau membawakan materi dan pelatihan yang sangat menarik yaitu 4 Tips Untuk Tetap Bahagia agar komunitas penyintas kanker tetap semangat untuk sembuh. Pastinya PkM ini juga melibatkan berbagai unsur civitas akademika seperti dosen sebagai narasumber, Residen Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Konservasi, Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi, alumni, dan juga tenaga kependidikan.

Pemaparan Materi Penyuluhan Tentang Pengaruh Paska Terapi terhadap Jaringan Keras Gigi dibawakan oleh Dr. drg. Eko Fibryanto, Sp.KG(K). Materi ketiga tentang Pengaruh Paska Terapi terhadap Jaringan Lunak Mulut oleh Dr. drg. Trijani Suwandi, Sp.Perio dan terakhir Penyuluhan serta Pelatihan Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut Paska Terapi dengan pemutaran video yang menarik dibawakan oleh Drg. Sri Lestari, M.Kes dan Drg. Caesary Cloudya Panjaitan, MM., MKG.

Baca juga : Gandeng 21 Pelaku Usaha Peternakan, Kementan Genjot Produksi Dan Ekspor

Sebagai tambahan, PkM ini juga bekerja sama dengan Jordan Oral Care yang memberikan sumbangsih berupa Sikat dan Benang Gigi Jordan secara gratis untuk diberikan kepada seluruh peserta yang hadir sehingga pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut dapat dilakukan dengan maksimal. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.