Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kino Indonesia Sumbangkan Generator Oksigen Untuk RS Polri Kramat Jati

Rabu, 20 April 2022 19:42 WIB
Kino Indonesia Sumbangkan Generator Oksigen Untuk RS Polri Kramat Jati

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak kasus COVID-19 di Indonesia, terutama saat mencapai kurva puncak, ketersediaan oksigen medis menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan. Ketersediaannya yang terbatas, menjadi hal yang cukup meresahkan saat itu. Namun demikian di luar Covid-19 pun, oksigen medis tetap menjadi poin yang sangat kritical, terutama dalam pelayanan Rumah Sakit mulai dari perawatan non-invansif atau intensif hingga situasi darurat, dan digunakan melalui ventilator untuk alat bantu pernapasan.

Sebagai wujud kepedulian akan hal tersebut, PT. Kino Indonesia, Tbk, belum lama ini menyumbangkan generator oksigen, alat pemroduksi oksigen tanpa batas, untuk membantu mengatasi masalah keterbatasan oksigen tersebut kepada RS Raden Said Sukanto (RS Polri Kramat Jati) yang merupakan Rumah Sakit rujukan Covid- 19 dan sekaligus sebagai Rumah Sakit dengan tingkat okupansi pelayanan yang cukup tinggi.

Baca juga : Puan Ingatkan Pencairan THR Dan Gaji Ke-13 Untuk ASN Tepat Waktu

Generator oksigen sendiri adalah alat yang dapat menangkap dan menyaring oksigen dari alam, dan memisahkannya dari kandungan nitrogen, untuk kemudian diproses, hingga kadar kemurnian yang diperlukan untuk perawatan medis, yaitu di atas 90%.

“Begitu pentingnya penyediaan oksigen bagi pelayanan kesehatan masyarakat, kami tergerak untuk menyumbangkan sebuah generator oksigen dengan kapasitas 200 LPM (litre per meter), yang kurang lebih dapat mengalirkan oksigen murni secara terus menerus ke 100 (seratus) tempat tidur di rumah sakit,” papar Clara Linanda, Head of Corporate Relations KINO.

Baca juga : Uniqlo Hadirkan Koleksi Terbaru Untuk Hari Raya

Generator oksigen dengan tipe CENTRAL MEDICAL GAS ON SITE OXYGEN GENERATOR & SYSTEM 200 LPM ini diserahkan langsung kepada Brigjen. Pol. dr. Asep Hendradiana, Sp.AN., KIC., M.Kes, selaku Kepala Rumah Sakit Bhayangkara TK.I R. Said Sukanto, Pusdokkes Polri, pada hari Jumat (11/4) lalu.

Menurut informasi yang didapat, penggunaan generator ini dapat menghemat 15 persen dibandingkan dengan penggunaan liquid oxygen atau 50 persen bila menggunakan oksigen tabung. Selain lebih praktis, penyediaan oksigennya juga akan terjamin. “Dengan menggunakan generator oksigen ini, ketersediaan oksigen akan tidak terbatas dan tidak terkendala oleh stok yang ada,” tambah Clara.

Baca juga : Pindo Deli Karawang Gelar Bazar Migor Di 3 Kecamatan

Brigjen Asep Hendradiana selaku Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Raden Said Sukanto, mengungkapkan rasa terimakasih kepada PT. Kino Indonesia Tbk, atas pemberian satu unit Generator Oxygen yang juga menjadikannya sebagai generator pertama di rumah sakit ini. “Kapasitas 200 liter per menit itu cukup besar. Dan alhamdulillah alat ini pun merupakan alat karya anak bangsa Indonesia. Ternyata kita sanggup dan mampu membuat satu mesin yang bisa memproduksi oksigen yang cukup banyak,” sebutnya dengan bangga.

Tentunya dengan bantuan ini pihaknya semakin berkomintmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik, khususnya bagi para pasien COVID-19. “Alhamdulillah sampai sekarang RS Sukanto telah merawat pasien COVID-19, dua tahun ini hampir 12.500 pasien COVID-19. Memang beberapa waktu terakhir, kondisinya sudah jauh berkurang. Kami telah menyediaan 108 tempat tidur, dan kami masih merawat kurang lebih 13 pasien saja. Memang pasiennya memerlukan perawatan, memerlukan bantuan oksigen, terus ya, alhamdulillah kita bisa memberikan yang terbaik, terlebih dengan adanya alat generator oksigen ini,” paparnya. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.