Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

FKG Usakti Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Komunitas Penyelam

Rabu, 15 Juni 2022 19:53 WIB
FKG Usakti Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Komunitas Penyelam

RM.id  Rakyat Merdeka - Fakultas Kesehatan Gigi (FKG) Universitas Trisakti (Usakti) melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) sebagai bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi dengan komunitas penyelam Corona Diving Club Indonesia secara daring, Jumat (20/5) lalu.

Ketua Tim PkM FKG Usakti Dr. drg. Dewi Priandini, Sp.PM dalam sambutannya mengatakan, Aktivitas Kegiatan olahraga selam memang sangat menyenangkan, karena bisa membuat menikmati pemandangan bawah laut, akan tetapi, olahraga ini penuh dengan risiko, jika sembarangan, akan menimbulkan masalah kesehatan termasuk kesehatan gigi dan mulut, antara lain Barodontalgia.

Baca juga : Pemerintah Dukung Pengembangan Komoditas Unggulan Daerah

Adapun peralatan bagi para penyelam seperti SCUBA (Self Contained Underwater Breathing Apparatus), Mouthpiece adalah bagian yang dipasang dari alat SCUBA atau pun snorkel, sedangkan Mouthpiece ini berfungsi untuk menahan alat supaya tidak terlepas dari mulut serta menjadi tempat masuknya udara ke mulut dari alat.

"Khusus penggunaan mouthpiece ternyata memiliki dampak negative bagi kesehatan mulut, antara lain dapat mengakibatkan nyeri pada rahang (Temporomandibular Disorders), juga pada mulut dapat terjadi penularan penyakit baik itu bakteri, virus, maupun jamur" Ungkap Dokter Dewi .

Baca juga : Butuh Kesadaran Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah

Dengan tema "Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut bagi komunitas penyelam," Tim PkM mengajak para penyelam atau yang ingin menyelam untuk memperhatikan mouthpiece agar tidak tertular penyakit baik itu bakteri, virus, maupun jamur pada gigi dan mulut.

Pada Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) diberikan materi oleh drg. Taufiq Ariwibowo, Sp.KG (K) dengan judul : “ Sakit Gigi Saat Menyelam, Kenapa ? “, Narasumber kedua adalah Dr. drg. Johan Arief Budiman, Sp.Ort. dengan judul : “Maloklusi dan Selam” serta Perawatan Orthodonti dan Menyelam ” .

Baca juga : DPRD DKI Dorong Jaminan Kesehatan Bagi Disabilitas

Dilanjutkan dengan Narasumber ke 3 yaitu Dr.drg. Dewi Priandini, SpPM yang menyampaikan materi tentang “ Waspadai Penyakit Mulut Menular “ dan “Cara Cuci Tangan dan Berkumur “yang Benar “, kemudian terakhir materi disampaikan oleh drg Andy Wirahadikusumah Sp.Pros yaitu pelatihan tentang “Senam Relaksasi Otot Wajah”.

Para komunitas penyelam sangat antusias mengikuti materi-materi yang disajikan dan banyak yang berkonsultasi langsung, sehingga mereka mendapatkan informasi yang berguna untuk pentingnya menjaga Kesehatan gigi dan mulut nya pada saat melakukan kegiatan menyelam. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.