Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kelas Online Buddha Dharma, Kenalkan Ajaran Buddhisme Humanistik

Jumat, 17 Juni 2022 10:19 WIB
Kelas Online Buddha Dharma, Kenalkan Ajaran Buddhisme Humanistik

RM.id  Rakyat Merdeka - Institut Fo Guang Shan Dong Zen Malaysia yang merupakan institut agama Buddha dibawah naungan Universitas Tsung Lin, Fo Guang Shan, Taiwan untuk ketiga kalinya menyelenggarakan kelas online Buddha Dharma dalam Bahasa Indonesia, secara virtual melalui Zoom Jumat, 10 Juni 2022.

Program ini ditujukan untuk seluruh generasi muda berusia 18-40 tahun yang berminat mempelajari agama Buddha terutama ajaran Buddhisme Humanistik yang dikembangkan dan dipromosikan oleh Venerable Master Hsing Yun, pendiri Fo Guang Shan, vihara terbesar di Taiwan yang memiliki lebih dari 300 cabang di lima benua. Program ini berlangsung setiap Jumat mulai 10 Juni – 23 September 2022 dengan materi bersumber dari buku “Humanistic Buddhism: Holding True to The Original Intents of Buddha” karya Master Hsing Yun.

Baca juga : Samsung Kenalkan Jajaran Smart TV 2022

Dalam dalam keterangan tertulisnya pada media, Bhiksuni Jue Cheng mengajak seluruh alumni Institut Dong Zen Indonesia (IDZI) 1 dan 2, begitu juga para peserta IDZI 3 untuk mengikuti serangkaian kelas tatap muka tentang meditasi, sejarah perkembangan agama Buddha di Indonesia dan Asia Tenggara, latar belakang Fo Guang Shan, dan pembabaran Dharma yang akan diselenggarakan pada 1-15 Juli 2022 di Griya Vipasana Avalokitesvara di Magelang, Jawa Tengah. Selain itu juga untuk para guru terutama dari desa-desa Buddhis akan diberikan pelatihan seperti kegiatan bedah buku oleh Bhiksuni Man Hui dan membentuk kelompok-kelompok belajar.

Selanjutnya Bhiksuni Miao Nan, Rektor Universitas Tsung Lin bagian putri, Fo Guang Shan, Taiwan bahwa hidup ini hanyalah sepanjang napas, untuk itu selama terdapat kesempatan untuk belajar maka kita harus sebaik-baiknya dalam menggunakannya. Para siswa didorong untuk dapat menghubungkan kehidupan mereka dengan Dharma dan membuat hidup lebih bermakna dan bahagia. Beliau juga berharap agar Buddhisme Indonesia dapat berkembang di masa depan.

Baca juga : Kurban Online Beri Kemudahan Masyarakat untuk Berkurban

Bhiksu Hui Zhao, Rektor Universitas Tsung Lin bagian putra, Fo Guang Shan, Taiwan, menyampaikan bahwa segala hal besar haruslah dimulai dari hal yang kecil terlebih dahulu, segala kesuksesan juga dapat diraih dari hal yang paling sederhana, kesulitan yang paling rumit pun akan terselesaikan dari hal yang paling mudah terlebih dahulu.

Pembukaan kelas online pada malam hari diakhiri dengan pesan dharma dari Bhiksuni Ru Yin melalui sebuah lagu berjudul “Xin Yang (Keyakinan)” yang liriknya berisi tentang pentingnya sebuah keyakinan. Seperti yang telah disampaikan oleh Master Hsing Yun. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.