Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kerjasama Pentahelix

Kalbe Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan dan Kelola Sampah Plastik

Jumat, 10 Februari 2023 17:56 WIB
Kerjasama Pentahelix Kalbe Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan dan Kelola Sampah Plastik

RM.id  Rakyat Merdeka - Program Studi Manajemen Bencana Universitas Budi Luhur sebagai satu-satunya program studi kebencanaan jenjang S1 di Indonesia bekerja sama dengan Kalbe Farma dan Institut Transportasi dan Logistik Trisakti dalam hal pengolahan sampah plastik, untuk meminimalkan risiko bencana banjir di Perkotaan. Kolaborasi terwujud dalam program edukasi pengolahan sampah dengan tema Greget Plastik Season 2 Goes to Yayasan Kampus Diakoenia Modern (KDM) yang menampung anak-anak jalanan, berlokasi di Bekasi, Jawa Barat.

"Greget Plastik Season 2 mencerminkan kolaborasi yang baik antara dunia pendidikan dan industri. Kolaborasi ini sangat bermanfaat, tidak hanya bagi lingkungan, namun juga dalam mencapai hidup bersih dan sehat," kata Sekretaris Direktur Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ITL Trisakti, Simon Gultom di Jakarta, Sabtu (4/2) lalu.

Baca juga : Terima Pengurus MUI, Bamsoet Ajak Jaga Kerukunan Umat Beragama

Hadir dalam acara itu, Ayu Wahyuningtyas, M.Sc( Pusat Studi Bencana Universitas Budi Luhur), Abi Nisaka (Kalbe Corporate Sustainability Senior Manager), Bernadette Fanny (Kalbe Corporate Internal Communication Manager), Simon Gultom, (Sekretaris Direktur Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ITL Trisakti), Sotar Sinaga (Direktur Operasional Yayasan Kampus Diakonia Modern (KDM), Moch Hasrul (Dosen Kalbis Institute), KDM Green Project Nando dan Arief serta Umi Tutik (Pengelola Bank Sampah Budi Luhur).

Sebagai wujud kerjasama pentahelix, Pusat Studi Bencana Universitas Budi Luhur mengajak pihak masyarakat dan industri dalam menekan risiko bencana banjir perkotaan dengan memberikan sosialisasi dan mitigasi banjir perkotaan serta workshop cara mengolah sampah plastik dari Bank Sampah Budi Luhur.

Baca juga : Korlantas Polri Dorong Masyarakat Taat Bayar Pajak

"Kegiatan Greget Plastik Season 2 menjadi perwujudan komitmen Kalbe dalam memelihara kelestarian lingkungan, yang sejalan dengan inisiatif Keberlanjutan Bersama Sehatkan Bangsa. Melalui pengurangan sampah plastik, kita juga berkontribusi dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik," ujar Kalbe Corporate Sustainability Senior Manager, Abi Nisaka dalam keterangan tertulisnya pada media, Jumat (10/2).

Bahkan, sampah bisa menimbulkan bencana banjir. Karena itu, program Greget Plastik Season 2 memiliki nilai positif dalam memberikan edukasi singkat terkait kreasi sampah plastik, berupa olahan plastik kresek bekas dan sampah plastik lainnya. Program Greget Plastik Season 2 juga memberikan penjelasan terkait sampah plastik yang telah diolah dan memiliki nilai tambah secara ekonomi, sebagaimana dikatakan oleh Umi Tutik Asnawi dari Bank Sampah Budi Luhur.

Baca juga : Malam Ini, Gunung Anak Krakatau Batuk-batuk, Tinggi Kolom Abu Tidak Teramati

"Gerakan Greget Plastik Season 2 bukan hanya tentang membangun kesadaran karyawan tentang bahaya sampah plastic. Tetapi bagaimana kita mengajak karyawan lebih peka bahwa ketika kita mengumpulkan sampah plastik dan diberikan ke tangan yang tepat, sampah plastik masih memiliki nilai ekonomis sehingga bisa membantu orang lain," jelas Kalbe Corporate Internal Communication Manager, Bernadette Fanny.

Sebagai tambahan, Program Greget Plastik Season 2 diikuti oleh para karyawan dari 29 unit bisnis Kalbe yang tersebar di wilayah Jakarta, Bogor Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) dengan jumlah hasil pengumpulan sampah plastik sebanyak 634 kg dalam kurun waktu enam bulan dan Kegiatan ini menjadikan Pusat Studi Bencana dari Program Studi Manajemen Bencana S1 di Universitas Budi Luhur memiliki kajian baru dalam penanganan sampah plastik khususnya di perkotaan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.