Dark/Light Mode

Ulasan Tentang Chord, Fungsi, Simbol Dan Rumusnya Dari Chordtela

Selasa, 21 Februari 2023 17:06 WIB
Memainkan alat musik dengan Chord. (Foto: Istimewa)
Memainkan alat musik dengan Chord. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam memainkan sebuah musik, chord mempunyai peran yang sangat penting didalamnya. Dimana chord sering muncul secara bersamaan dengan melodi dan membentuk sebuah harmoni yang begitu indah dalam lagu.

Seperti contoh alat mucik yang dapat memainkan chord diantaranya yaitu gitar listrik, organ, piano, dan gitar akustik. Dengan hadirnya chord ini membawa warna pada sebuah lagu yang dimainkan.

Baca juga : Garuda Menang Gugatan Judicial Release Di Paris Civil Court

Pengertian Chord

Chord sendiri merupakan kumpulan beberapa nada yang biasanya terdiri dari nimila 3 nada atau bahkan lebih, dimana nada tersebut dapat dimainkan secara bersamaan sehingga akan terdengar harmonis. Chord juga sering kali disebut dengan akord atau kunci yang merupakan kombinasi interval sebuah nada yang tersusun dalam format tertentu.

Baca juga : Genjot Produksi, SKK Migas Kumpulkan Bos Perusahaan Minyak Di CEO Forum 2023

Yang mana pada dasarnya chord berhubungan erat sekali sekali tangga nada musik dan interval. Nah, bagi kalian yang ingin belajar kunci dasar pada sebuah alat musik gitar, kalian bisa kunjungi Chordtela untuk mempelajari langsung dengan lagu-lagu populer yang sudah lengkap dengan kunci nada di dalamnya.

Sebetulnya, chord terbentuk oleh sebuah keterkaitan antara nada, tangga nada musik dan juga interval. Dimana perpaduan dari ketiganya ini akan menghasilkan chord yang jika kalian mainkan akan menghasilkan alunan yang harmonis. Jumlah chordnya sendiri sangat banyak, akan tetapi untuk penggunaannya sendiri tergantung pada lagu yang akan dimainkan dan jenis musiknya. Chord juga bisa kalian mainkan secara bersamaan atau terputus.

Baca juga : Rencanakan Pembunuhan Yosua, Ferdy Sambo Dituntut Hukuman Seumur Hidup

Fungsi Chord

Fungsi adanya chord ini yaitu untuk mengiring sebuah lagu dan juga untuk memainkan sebuah musik dan improvisasi lagu. Selain itu, chord juga memiliki fungsi lainnya yaitu untuk memudahkan kalian dalam mengaransemen lagu yang akan dibawakan. Dimana chord juga akan membantu kalian untuk menciptakan sebuah lagu yang diinginkan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.