Dark/Light Mode

Ulasan Tentang Chord, Fungsi, Simbol Dan Rumusnya Dari Chordtela

Selasa, 21 Februari 2023 17:06 WIB
Memainkan alat musik dengan Chord. (Foto: Istimewa)
Memainkan alat musik dengan Chord. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Chord sangat penting dalam sebuah musik, dimana musik akan terdengar sangat hambar jika tidak ada chord. Dengan begitu adanya chord ini akan membuat penyanyi lebih menjiwai saat menyanyikan lagu yang sudah diaransemen ulang.

Simbol Chord

Biasanya chord ditulis dalam bentuk simbol dan setidaknya terdiri dari tiga jenis simbol didalamnya yaitu sebagai berikut :

• Simbol Angka

Baca juga : Garuda Menang Gugatan Judicial Release Di Paris Civil Court

Pada simbol angka terdiri atas bilangan romawi yaitu I, II, III, IV, V, VI dan VII. Dimana simbol tersebut bisa mempermudah harmonisasi sebuah chord musik. Untuk penggunaannya sendiri ditentukan berdasarkan jenisnya. Chord mayor akan dituliskan dengan huruf romawi besar yaitu I, II hingga seterusnya. Sedangkan untuk chord minor ditulis dengan huruf romawi kecil yaitu i, ii hingga seterusnya.

• Simbol Huruf Untuk simbol kedua yaitu simbol huruf dan biasanya ditulis dengan huruf abjad seperti A, B, C, D, E, F dan G. Untuk penulisannya sendiri diikuti dengan detail chord mayor dan minor. Berikut penjelasannya :

1. Chord C mayor yaitu C

2. Chord d minor yaitu dm

Baca juga : Genjot Produksi, SKK Migas Kumpulkan Bos Perusahaan Minyak Di CEO Forum 2023

3. Chord G septime yaitu G7

4. Chord a minor septime yaitu am7

5. Chord b diminshed yaitu bdim

• Simbol Gambar

Baca juga : Rencanakan Pembunuhan Yosua, Ferdy Sambo Dituntut Hukuman Seumur Hidup

Simbol yang terakhir pada chord yaitu simbol gambar yang biasanya ditulis dengan menggunakan notasi balok. Untuk posisi jari ketika menggunakan alat musik harmonis, seperti keyboard atau piano, gitar atau alat musik lainnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.