Dark/Light Mode

Manfaatkan Energi Geothermal, PT Hitay Dukung Indonesia Ciptakan Planet Hijau

Senin, 27 November 2023 16:52 WIB
Managing Director PT Hitay Daya Energy, Remzi Caner Yilmaz (kanan). (Foto : Ist)
Managing Director PT Hitay Daya Energy, Remzi Caner Yilmaz (kanan). (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Hitay Daya Energy, perusahaan asal Turki berkomitmen membantu Indonesia mengurangi emisi karbon dan menciptakan planet yang lebih hijau dengan memanfaatkan tenaga panas bumi atau energi sebagai alternatif yang ramah lingkungan. 

Dengan potensi panas bumi yang cukup besar, didukung dengan letak indonesia yang berada di cincin vulkanik, PT Hitay juga siap mendukung dalam memajukan inisiatif panas bumi di Indonesia. 

“Kami sadar mengelola potensi panas bumi ini merupakan bisnis jangka panjang. Dengan kekuatan finansial yang kami miliki, kami optimis untuk menjawab tantangan global yang muncul,” tutur Managing Director PT Hitay Daya Energy, Remzi Caner Yilmaz sebagai di Jakarta, Senin, (20/11/23) 

Menurut Remzy, PT Hitay berdedikasi memanfaatkan pengembangan maksimal energi panas bumi yang sangat tinggi dengan ladang potensial di lima potensi wilayah di Indonesia.

Baca juga : Ganjar Siap Hadirkan Indonesia Unggul Dan Bebas Nepotisme

Di antaranya mengembangkan energi panas bumi di Gunung Talang, Gunung Tandikat, Gunung Geureudong, Gunung Kembar, Gunung Tanjungsakti.  Sedangkan untuk izin yang pertama kali keluar terdapat di Gunung Talang, Padang, Sumatera Barat.

Pengembangan ini juga diakui pemerintah karena masuk dalam rencana strategi pengembangan panas bumi dengan target `.027 MWe pada tahun 2030 berdasarkan Keputusan Kementerian ESDM No 16, tahun 2020.

“Kami sangat bersemangat untuk memulai perjalanan menuju energi bersih di Indonesia. Investasi strategis yang telah dilakukan oleh kami sebesar Rp3 triliun untuk mengembangkan sumber energi panas bumi di Sumatera Barat,” jelas Remzi Caner Yilmaz . 

Menurut Caner, Hitay fokus pada potensi energi sebesar 150 megawatt (MW) di Gunung Talamau (Kabupaten Pasaman Barat) dan Gunung Tandikek (Kabupaten Agam/Padang Pariaman). Hal tersebut menegaskan dedikasi PT Hitay Daya Energy terhadap tanggung jawab lingkungan dan memperkuat posisinya sebagai juru kunci dalam transisi menuju solusi energi terbarukan.

Baca juga : Majukan Industri Nasional, Menperin Dukung Forwin Cup 2023 

“Rumus keberhasilan eksplorasi panas bumi dimulai dari kegiatan eksplorasi awal yang kecil dengan pengeboran 20 55 MWe di area sweet spot dan pengeboran lubang inti secara bertahap, terbukti dengan cepat meningkatkan potensi sumber daya. COD yang lebih cepat dengan Wellhead Power Plant dapat mendukung pembiayaan sisa eksplorasi,” tambah Caner 

Caner menambahkan bahwa setiap pembangunan yang terjadi pasti memberikan dampak baru bagi lingkungan dan sosial masyarakat sekitar. Proyek geothermal dapat mengubah pola hidup masyarakat dan dapat mempengaruhi cara hidup tradisional mereka.

Kegiatan pembangunan panas bumi yang Hitay lakukan juga tetap memperhatikan perlindungan lingkungan mengingat keberlangsungan panas bumi sangat bergantung pada lingkungan di sekitarnya termasuk satwa dan tumbuh-tumbuhan. 

Manfaat energi panas bumi memiliki berbagai aspek, yaitu menyediakan sumber listrik yang stabil dan konsisten serta tidak terpengaruh oleh fluktuasi cuaca, tidak seperti sumber energi terbarukan lainnya.

Baca juga : Sasar Kalimantan, PLN Energi Primer Indonesia Kembangkan Teknologi CBF

Investasi ini akan mendorong inovasi, penelitian, dan pengembangan dalam sektor panas bumi, seiring dengan upaya PT Hitay Daya Energy untuk membuka kemungkinan-kemungkinan baru dan meningkatkan efisiensi pembangkit listrik panas bumi di Indonesia.

PT Hitay Daya Energy optimis menjajaki peluang di sektor industri panas bumi. Hitay percaya terhadap dampak baik dari energi panas bumi dan secara kolektif mendukung inisiatif berkelanjutan.

"Saya membayangkan masa depan di mana energi panas bumi memainkan peran penting dalam memenuhi permintaan energi dunia yang terus meningkat sekaligus meminimalkan dampak terhadap lingkungan.," tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.