Dark/Light Mode

Promag Edukasi Generasi Muda Indonesia Agar Puasa Tanpa Dramaag

Jumat, 15 Maret 2024 05:14 WIB
General Manager Marketing Kalbe Consumer Health, Irwan Wijaya (Foto Istimewa)
General Manager Marketing Kalbe Consumer Health, Irwan Wijaya (Foto Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Memasuki bulan Ramadan 1445 Hijriah umat muslim di seluruh dunia menyambut dengan sukacita, tak terkecuali di Indonesia. Negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia ini memulai ibadah puasa Ramadan tepat pada 12 Maret 2024. Sebagai ibadah yang wajib dilakukan bagi kaum muslim, secara medis, puasa diyakini memiliki banyak manfaat. Lalu bagaimana dengan mereka yang mengalami masalah pencernaan seperti sakit maag?

Menurut hasil survei yang dirilis oleh NeuroSensum, insiden penyakit maag meningkat sebesar 14% dalam satu tahun terakhir, dengan faktor penyebab penyakit maag terbanyak adalah makan tidak teratur, makan makanan tidak sehat (berminyak, berlemak, dan pedas), konsumsi kopi berlebih, hingga penyebab lain secara emosional (gangguan kecemasan/stres/depresi). Insiden penyakit maag ini meningkat drastis dari 22% ke 36% di kategori usia 17 – 24 tahun, yaitu kalangan mahasiswa dan first jobber.

Baca juga : STY Optimistis, Indonesia Mampu Kalahkan Vietnam

Melihat fenomena ini, anak usaha PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) yaitu Kalbe Consumer Health melalui brand Promag, market leader di kategori obat sakit maag yang sudah hadir di Indonesia lebih dari 50 tahun dan dipercaya dari generasi ke generasi, merasa terpanggil untuk berkontribusi dengan memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda, Gen-Z. Melalui “Gerakan Ramadan Tanpa Dramaag”, Promag mengadakan edukasi di kampus-kampus di lima kota besar di tanah air yakni Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Lampung, dan Makassar dengan menggelar kegiatan ngabuburit talkshow dan tausiyah.

“Kami ingin memberikan informasi sekaligus mengedukasi kalangan Gen-Z tentang gejala sakit maag, serta bagaimana pencegahan dan pengobatannya, sehingga mereka dapat menjalani ibadah puasa dengan nyaman, khusyuk dan Tanpa Dramaag”, jelas General Manager Marketing Kalbe Consumer Health, Irwan Wijaya, di Gelaran Perdana “Ngabuburit dan Tausiyah Ramadan Tanpa Dramaag” di Aula Bung Hatta, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Kamis, (14/3).

Baca juga : Hadapi Indonesia, Vietnam Ngerasa Lawan Timnas Belanda

Menurutnya Di event “Gerakan Ramadan Tanpa Dramaag” ini Promag menghadirkan talkshow interaktif yang diikuti langsung oleh sekitar 1.000 mahasiswa kampus terkait. Talkshow turut menghadirkan pembicara dari berbagai sumber, di antaranya dokter, penceramah, key opinion leader (kol) dan perwakilan Kalbe atau brand Promag. Dokter spesialis gastro menyampaikan informasi terkait masalah lambung yang dapat berpengaruh pada tingkat emosi seseorang hingga menyebabkan ibadahnya terganggu dan tidak dapat menjalankannya dengan optimal.

Tidak hanya itu, ada pula tausiyah jelang berbuka puasa oleh ustaz yang populer di kalangan Gen-Z seperti Habib Husein Ja’far Al Hadar, Ustadz Hanan Attaki, dan Ustadz Hilman Fauzi. Ceramah dan siraman rohani dari para ustaz diharapkan dapat meningkatkan keimanan, memberikan ketenangan, menambah wawasan dan pengetahuan, serta mendatangkan kebaikan.

Baca juga : Diplomasi Gastronomi Indonesia, Program ISUTW Hingga Gala Dinner KTT ASEAN

Event ini akan dilakukan di lima kota besar, program edukasi Promag di tahun 2024 ini akan berlanjut ke lebih banyak kampus dan menjangkau lebih banyak anak muda. Edukasi juga dilakukan secara online dengan cara baru melalui channel digital dan platform Spotify, #1 Music Streaming Platform di Indonesia. Melalui platform ini, Playlist dan Podcast Tanpa Dramaag dibuat sebagai sarana edukasi dan menemani masyarakat Indonesia menjalankan puasa nyaman Tanpa Dramaag. Dengan strategi ini, Promag optimis dapat mengedukasi lebih dari enam juta orang di Indonesia dan mengajak turut serta dengan search dan follow Channel Promag di Spotify. Karena dapat menjangkau hingga lebih dari 30 juta pendengar di Indonesia dengan rata-rata waktu yang diluangkan untuk mendengarkan mencapai hingga 3 jam setiap harinya.

Adapun Jadwal Ngabuburit dan Talkshow di 5 Kota Besar di Indonesia: • Jakarta Kamis, 14 Maret 2024 di Universitas Negeri Jakarta Tausiyah: Habib Husein Ja’far Al Hadar • Yoyakarta Senin, 18 Maret 2024, di Universitas Islam Indonesia Tausiyah: Ustaz Hanan Attaki • Bandung Rabu, 20 Maret 2024, di Universitas Pendidikan Indonesia Tausiyah: Ustaz Hanan Attaki • Lampung Kamis, 21 Maret 2024 di Universitas Teknokrat Indonesia Tausiyah: Ustaz Hilman Fauzi, • Makassar Senin, 25 Maret 2024 di Universitas Muhammadiyah Makassar Tausiyah: Ustaz Hilman Fauzi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.