Dewan Pers

Dark/Light Mode

Persiapan Pembelajaran Tatap Muka, FKG Usakti Sosialisasikan Protokol Kesehatan

Jumat, 14 Agustus 2020 07:54 WIB
Persiapan Pembelajaran Tatap Muka, FKG Usakti Sosialisasikan Protokol Kesehatan

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam menghadapi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di lingkungan sekolah sebelum pemberlakukan tatap muka, perlu pemahaman dan kesadaran yang tinggi dari seluruh warga satuan Pendidikan mulai dari orang tua, guru dan pelajar atau murid terkait penyebaran Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan salah satu Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti (Usakti) Jakarta, drg. Siti Chandra Dwidjayanti, Sp.Pros pada acara webinar dengan orang tua, murid dan guru Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah (SMPM) 12 Jakarta, Baru-baru ini.

Berita Terkait : Angkasa Pura I Tegas Terapkan Protokol Kesehatan Di Bandara

"Kegiatan Penyuluhan dan pelatihan ini merupakan salah satu dari Tri Darma perguruan tinggi melalui Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan melibatkan dosen dan mahasiswa FKG Universitas Trisakti dalam upaya menghadapi pandemi Covid – 19 , terutama persiapan menuju Proses Pembelajaran Tatap Muka di tahun depan" jelasnya.

Menurut ketua tim PkM FKG Universitas Trisakti drg. Siti Chandra Dwidjayanti, Sp.Pros, Kegiatan  PkM di FKG Usakti melibatkan Dosen dan Mahasiswa dalam berbagai Program Studi dan Alumni FKG, umumnya berupa penyuluhan mengenai kesehatan gigi dan mulut, pemeriksaan  dan pengobatan gigi dan mulut sederhana secara gratis bagi masyarakat, diutamakan bagi yang bertempat tinggal di sekitar Usakti dan juga wilayah lain di Indonesia.

Berita Terkait : Semarang Siapkan Aturan Pelanggar Protokol Kesehatan

Penyuluhan dengan tema “Penyuluhan dan pelatihan cara Proteksi Diri selama beraktifitas di sekolah”. Efek pandemi Covid-19 telah membawa dampak yang cukup luas pada Program tahunan ini. Kesulitan dalam mengakses masyarakat terutama di bidang pemeriksaan dan pengobatan menyebabkan PkM FKG Usakti mutlak hanya bisa dilakukan berapa Penyuluhan dan Pelatihan bagi Masyarakat dalam menjaga kesehatan, Tutur drg Siti Chandra

Pada PkM kali ini drg  Siti Chandra Dwidjayanti, Sp.Pros bersama dengan ketiga anggota yaitu Dr. drg. Yohana Yusra,M.Kes; Dr. drg. Dewi Priandini, Sp.PM; dan drg. Yuniar Zen, Sp.Orth dibantu mahasiswa FKG Program Profesi (Ferri Muhktar, Ni Luh Widya) , Program Sarjana (Aneiza Danya), Program Spesialis Konservasi (drg. Erni Arum Widya), alumni FKG (drg.Ester Esti Pangesti,Sp.KG), pegawai Tenaga Pendidikan (Annisa Febria) dan dihadiri oleh Kepala Sekolah SMPM 12 (Ibu Yuliana Elly Maspiah, S.Psi.), seluruh guru, beberapa siswa murid dan beberapa orang tua murid.

Berita Terkait : Buka Turnamen Golf Perpesi, Menpora Tekankan Pentingnya Jaga Protokol Kesehatan

Tidak hanya webinar, PkM FKG Usakti memberikan bantuan berupa perbaikan sarana mencuci tangan (perbaikan beberapa wastafel yang telah rusak), poster mengenai cara Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), poster memakai Masker untuk ditempelkan di sekolah sebagai  kepada SMPM 12 Jakarta

Dengan kegiatan tersebut, drg Siti berharap pemahaman pihak satuan pendidikan terutama warga SMPM12 dapat mempersiapkan dengan baik seluruh Prosedur Protokol Kesehatan dan diharapkan dapat memutuskan rantai penularan Covid – 19, pungkasnya. [ARM]