Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

MPR Akan Gelar Sidang Tahunan dengan Protokol Kesehatan Ketat

Sabtu, 8 Agustus 2020 05:29 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) didampingi Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad dan Kabiro Humas MPR Siti Fauziah, dalam Media Expert Meeting, di Bandung, Jumat (7/8). (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) didampingi Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad dan Kabiro Humas MPR Siti Fauziah, dalam Media Expert Meeting, di Bandung, Jumat (7/8). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang Sidang Tahunan MPR, 14 Agustus 2020, Biro Humas MPR menyelenggarakan Media Expert Meeting, di Bandung, Jawa Barat, Jumat (7/8). Tema yang dibahas pada acara ini adalah "Sidang Tahunan MPR: Konvensi Ketatanegaraan dalam Rangka Laporan Kinerja Lembaga Negara".

Tiga Pimpinan MPR hadir menjadi narasumber acara tersebut. Yaitu Ketua MPR Bambang Soesatyo, Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad, dan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. Ikut hadir Kepala Biro Humas MPR Siti Fauziah; serta Kepala Bagian Pemberitaan, Hubungan Antarlembaga dan Layanan Informasi Budi Muliawan. Sedangkan para pesertanya adalah 26 editor dan produser media nasional.

Baca juga : Pemprov Jatim Bagikan 26 juta Masker Gratis

Pada sesi diskusi, berbagai harapan disampaikan para peserta. Intinya, para peserta berharap, sidang tahunan tidak sekadar menjadi rutinitas. Apalagi, pelaksanaan sidang tahunan kali ini berada di tengah pandemi Covid-19. Mereka berharap, pidato pimpinan lembaga negara, terutama Presiden Jokowi memberi harapan kepada rakyat, khususnya menyangkut persoalan pendidikan, ekonomi, dan pengangguran yang terus meningkat. 

Menjawab harapan tersebut, Ketua MPR Bambang Soesatyo menegaskan, pelaksanaan sidang kali ini tidak dilakukan sebagaimana lazimnya. Sidang Tahunan MPR dilaksanakan di tengah pandemi. Karena itu, selama sidang akan diberlakukan protokol kesehatan yang sangat ketat. Termasuk pembatasan jumlah peserta yang boleh masuk ke ruang sidang. 

Baca juga : DPR: Penunjukkan Mahfud Jadi Komando Penegakan Protokol Kesehatan Tepat

"Penyelenggaraan sidang dilakukan dengan protokol Covid-19 secara ketat. Setiap fraksi hanya diwakili beberapa orang. Sidang Tahunan MPR diikuti secara fisik Presiden dan Wakil Presiden, dan ketua lembaga negara. Anggota lainnya mengikuti secara virtual, seperti Zoom, Youtube, dan streaming," terang Bamsoet, sapaan akrab Bambang.

Dalam Sidang Tahunan MPR, format pimpinan di depan kemungkinan besar hanya untuk Ketua MPR, Ketua DPR, dan Ketua DPD. Pimpinan lainnya duduk di barisan depan dengan jarak tertentu sesuai protokol Covid-19. "Sidang Tahunan MPR kali ini sangat sederhana sama seperti perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia di Istana yang hanya dihadiri oleh enam orang pimpinan lembaga negara saja," pungkas Bamsoet.

Baca juga : Royal Safari Garden Terapkan Protokol Kesehatan

Di akhir acara, Kepala Biro Humas MPR  Siti Fauziah berharap, kerja sama yang baik dengan media bisa dilanjutkan, termasuk pada pelaksanaan Sidang Tahunan MPR. Siti meminta media massa berpartisipasi dalam menginformasikan sidang tahunan kepada masyarakat. Karena sidang tahunan ini akan menjadi wajah Indonesia di mata dunia. 

"Mohon kerja samanya kawan-kawan media berkenan memberitakan Sidang Tahunan MPR ini. Karena pemberitaan Sidang Tahunan yang baik akan ikut meningkatkan citra Indonesia di mata dunia," kata Siti. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.