Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Milad Pertama, FPPSKI Jaga dan Lestarikan Budaya Bangsa

Rabu, 19 Agustus 2020 07:44 WIB
Milad Pertama, FPPSKI Jaga dan Lestarikan Budaya Bangsa

RM.id  Rakyat Merdeka - Memperingati Milad pertama, Forum Pelestari Pencak Silat Keris Indonesia (FPPSKI) terus berupaya melestarikan kekayaan budaya bangsa terutama pencak silat dan keris yang beberapa waktu yang lalu telah ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Kata Pembina FPPSKI, Eddie M. Nalapraya. 

"Setelah UNESCO menetapkan Pencak Silat sebagai Warisan Budaya Dunia, kedepan hendaknya masyarakat, khususnya para penggiat Pencak Silat agar lebih  signifikan dalam menjaga dan melestarikan pencak silat" tuturnya.

Baca juga : Lantik 11 Pejabat Pratama, Kepala Perpusnas Inginkan Percepatan Kinerja Organisasi

Eddie juga berharap kepada para pesilat untuk menjadikan silat sebagai ilmu kehidupan.“Jadikanlah pencak silat itu sebagai ilmu kehidupan, sehingga akan banyak nilai-nilai positif yang akan didapatkan pada saat diri kalian mempelajari dan menekuni pencak silat itu,” tutur Eddie

Hal senada dikatakan Ketua Umum FPPSKI Anwar Al- Batawi, masyarakat harus terus membangun kesadaran untuk terus berupaya menjaga dan melestarikan budaya bangsa dalam diri masing-masing “Saya berharap masyarakat terus berupaya membangun kesadaran untuk terus menjaga serta melestarikan seluruh aset budaya bangsa Indonesia terutama keris dan pencak silat, karena hal itulah FPPSKI terlahir,” harap Anwar.

Baca juga : Diduga Peras 63 Kepsek Riau, 3 Jaksa Jadi Tersangka

Anwar juga  mengatakan ada banyak hal positif karena ikut melestarikan budaya bangsa. “Hal positif yang bisa kita dapat dari melestarikan budaya, salah satunya adalah menambah saudara serta memperluas tali silaturahmi, dan itu nyata terjadi dalam FPPSKI”  ucap Anwar yang juga Ketua Umum Asosiasi Silat Tradisi Betawi (ASTRABI).

Anwar juga mengaku, kedepan para pengurus FPPSKI akan berusaha menasionalisasi  organisasi ini keseluruh penjuru tanah air, “Insya Allah kita akan berusaha agar kepengurusan FPPSKI  berada di seluruh daerah di Indonesia, karena keris inikan bukan hanya ada di Jawa, hampir di seluruh daerah senjata khas ini ada, jadi kita akan coba kembangkan untuk memadukan senjata keris dan pencak silat menjadi seni bela diri yang membudaya ,” papar Anwar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.