Dewan Pers

Dark/Light Mode

FKG Usakti Ajak Guru TK Islam Al Azhar BSD, Tidak Takut Periksa Gigi

Sabtu, 23 Januari 2021 11:21 WIB
(Kanan) drg. Bernard Iskandar, Sp. KG (K) menjadi Narasumber pada acara PkM FKG Usakti
(Kanan) drg. Bernard Iskandar, Sp. KG (K) menjadi Narasumber pada acara PkM FKG Usakti

RM.id  Rakyat Merdeka - Fakuktas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti (Usakti) melakukan salah satu tridarma peguruan tinggi berupa Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yaitu acara penyuluhan dan pelatihan secara virtual bersama Guru Taman Kanak-Kanak (TK) Islam Al Azhar BSD, Kota Tangerang Selatan, Banten (23/1). 

Ketua PkM drg. Rosita Stefani, MM.Sp KG bersama FKG Usakti mengajak Guru TK Islam Al Azhar BSD, untuk peduli serta ikut berperan dalam menjaga kesehatan gigi anak-anak, terutama pada masa pandemi Covid 19 

Berita Terkait : FKG Usakti Ingatkan Masyarakat Jakarta Utara, Tingkatkan Kesehatan Gigi di Masa Pandemi

drg. Bernard Iskandar, Sp. KG (K) sebagai narasumber memaparkan, perihal keamanan perawatan gigi  mulai dari kasus gigi berlubang hingga abses gigi saat pandemi Covid 19. 

"Ketakutan berlebihan Ibu-ibu terhadap pandemi Covid 19 telah membuat lengah dalam menjaga kesehatan gigi, padahal kesehatan gigi sangat penting terutama pada anak-anak dan dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak, jelasnya. 

Berita Terkait : FKG Usakti Ajak Ibu-Ibu Terapkan PHBS di Lingkungan Keluarga pada Masa Pandemi

Bernard menyarankan masyarakat pada masa pandemi saat ini untuk tetap menjalankan Protokol kesehatan. Selain itu, penting juga merawat kesehatan gigi, mulai dari kumur-kumur dengan obat kumur antiseptik, menggosok gigi secara benar dan, apabila terdapat keluhan seperti gigi berlubang, bengkak di gusi dan sebagainya maka masyarakat tidak perlu ragu untuk datang ke dokter gigi, karena beberapa kinik terutama di RSGMP FKG  USAKTI sudah dilengkapi dengan ruangan bertekanan negatif yang sangat aman dalam memberikan layanan kesehatan gigi selama pandemi Covid 19. 

Dengan tema "Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi Selama Pandemi Covid-19 Kepada Guru Taman Kanak-Kanak (TK) Islam Al Azhar BSD" lanjut drg. Rosita, PkM ini diharapkan dapat meningkatkan kesehatan gigi baik bagi anak murid dan lingkungan sekitar. 

Berita Terkait : RUU Cipta Kerja Semoga Tidak Ciptakan Petaka

Dengan adanya kegiatan ini, Rosita berharap khususnya Ibu-ibu Guru Tk Islam Al Azhar BSD dapat turut berpartisipasi dalam memberikan edukasi kesehatan gigi bagi anak, murid dan lingkungannya agar tidak takut untuk memeriksakan giginya, tutup Rosita. 

Pada PkM FKG Usakti kali ini, terdiri dari drg. Rosita Stefani, MM. Sp.KG, drg. Bernard Iskandar, Sp. KG (K), drg. Deviyanti Pratiwi, M.Kes, drg. Rosalina Tjandrawinata, M.Si, Ph.D, serta melibatkan mahasiswa dan alumni FKG Usakti. [ARM]