Dark/Light Mode

Dosen Mercu Buana Raih Gelar Doktor Ilmu Komunikasi Dengan Cumlaude

Minggu, 29 Agustus 2021 10:29 WIB
Sri Wahyuning Astuti
Sri Wahyuning Astuti

RM.id  Rakyat Merdeka - Fakultas ilmu komunikasi Universitas Padjajaran kembali meluluskan doktor ilmu komunikasi, setelah Promovendus Sri Wahyuning Astuti berhasil mempertahankan disertasinya pada Sidang Terbuka Promosi Doktor yang dipimpin oleh Dr Dadang Sugiana, M.Si, via daring (24/8) lalu.

Disertasi Promovendus berjudul Kepuasan Komunikasi sebagai mediator hubungan antara motif komunikasi dan Psychological Well Being yang dipromotori Prof Dr Atwar Bajari menyoroti Pola komunikasi yang berdampak pada kesehatan mental millennial pengguna media digital.

Baca juga : Perpusnas Raih WTP 5 Tahun Berturut-turut, Komisi X DPR Beri Jempol

Dalam disertasinya, tenaga pengajar di Universitas Mercu Buana (UMB) ini menilai, semakin puas millennial dalam melakukan komunikasi maka akan meningkatkan level kesejahteraan psikologis (psychological well being) mereka.

Temun disertasi juga menunjukkan bahwa millennial masuk dalam kategori heavy user dalam penggunaan media digital yang berakibat pada pergeseran pola komunikasi langsung mereka.

Baca juga : Bantu Tangani Pandemi, PBSI Gelar Vaksinasi Dan Bakti Sosial

Sebagai saran praktis Promovendus menyarankan agar dilakukan detox media digital untuk mengurangi penggunaaan media digital oleh millennial. Hanya media digital yang dibutuhkan saja yang diakses atau digunakan.

Sidang terbuka dengan representasi Guru besar Prof Deddy Mulyana,MA. P.h.D ini menghasilkan yudisium dengan pujian atau “cumlaude” karena keberhasilan promovendus menghasilkan beberapa publikasi di jurnal internasional bereputasi.

Baca juga : Vitamin Palsu Banyak Beredar, Ini Tips Dokter Lula Kamal Biar Nggak Ketipu

Sementara itu, Dadang Sugiana berpesan agar pencapaian gelar Doktor ini bukanlah tujuan akhir dari Provendus dalam menempuh pendidikan. Tapi menjadi jalan untuk mengabdi lebih baik lagi kepada masyarakat luas. (ARM)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.