Dark/Light Mode

Bersama TP PKK Jakpus, Rumah Sosial Kutub Himpun 1,6 Ton Minyak Jelantah

Senin, 30 Agustus 2021 14:31 WIB
(Kiri) Direktur Eksekutif Rumah Sosial Kutub, Suhito secara simbolis menerima Minyak Jelantah dari Ketua TP PKK Jakarta Pusat, Ucu Jamilah (kanan) disaksikan Walikota Jakarta Pusat Dhany Sukma di kantor Walikota Jakarta Pusat (30/8).
(Kiri) Direktur Eksekutif Rumah Sosial Kutub, Suhito secara simbolis menerima Minyak Jelantah dari Ketua TP PKK Jakarta Pusat, Ucu Jamilah (kanan) disaksikan Walikota Jakarta Pusat Dhany Sukma di kantor Walikota Jakarta Pusat (30/8).

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah di launching awal 10 agustus 2020, Rumah Sosial Kutub bersama Pemerintah Kota Adm Jakarta Pusat (Jakpus) melalui para ibu-ibu yang tergabung dalam TP PKK serta warga Jakarta Pusat berhasil menghimpun 1.6 Ton Minyak Jelantah.

Direktur Eksekutif Rumah Sosial Kutub, Suhito, mengucapkan terimakasih atas dukungan penuh yang diberikan oleh Walikota Jakarta Pusat, berikut suku dinas terkaitnya seperti Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Jakarta Pusat, para ibu-ibu yang tergabung dalam TP PKK serta warga Jakarta Pusat pada umumnya.

Baca juga : Guru Besar Unpar: UU BPK Sudah Final, Tak Perlu Ditafsir

“Kami sangat berterima kasih atas kerjasama ini, apalagi Pemerintah Kota Jakarta Pusat sangat memberikan dukungan yang serius, bahkan Pak Walikota telah melahirkan Surat Instruksi Walikota Nomor 22 Tahun 2021 tentang Program Sedekah Minyak Jelantah Kota Tersenyum di wilayah Jakarta Pusat,” sampainya pada acara penyaluran hasil dari sedekah minyak jelantah, Senin (30/8).

Menurut Suhito, Hasil dari konversi sedekah minyak jelantah tersebut akan disalurkan dalam bentuk program sosial melalui kegiatan-kegiatan sosial kemanusiaan. Untuk kali ini, penyalurannya dikhususkan untuk masyarakat yang menjadi korban kebakaran dan masyarakat yang terdampak Covid-19.

Baca juga : Gerakan Sedekah Minyak Jelantah, Rumah Sosial Kutub Gandeng PKK Jakarta Pusat

Lebih lanjut, Suhito menjelaskan bahwa penyaluran ini merupakan hasil pengumpulan sedekah minyak jelantah dari seluruh Kecamatan yang ada di Kota Administrasi Jakarta Pusat. “Berkat semangat dan antusias yang luar biasa dari seluruh tim penggerak dan semua pihak yang terlibat, sebanyak 93 paket Sedekah Gizi Pangan yang akan disalurkan di Jakarta Pusat terhimpun,” jelasnya.

Walikota Jakarta Pusat, Dhany Sukma, sangat mengapresiasi kepada seluruh kader PKK se Jakarta Pusat yang telah bekerjasama dengan Rumah Sosial Kutub dalam menangani limbah minyak jelantah. Memang, minyak jelantah yang tidak dikelola dengan baik akan memberikan dampak lingkungan dan dampak kesehatan yang buruk. Dampak lingkungan misalnya terkait dengan pencemaran air atau tersumbatnya saluran air. Sedangkan konsumsi minyak jelantah yang berlebihan bisa menyebabkan penyakit.

Baca juga : Pemkot Bekasi Ajak Warganya Kumpulkan Minyak Jelantah

Hal senada dikatakan Ketua TP PKK Jakarta Pusat, Ucu Jamilah, bahwa terkumpulnya 1,6 ton minyak jelantah ini merupakan bukti kita semua telah mendukung dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan sedekah minyak jelantah ini. Bahkan, menurutnya pengumpulan ini hanya berlangsung kurang lebih dua minggu setelah launching Program Kota Tersenyum lalu.

“Jadi kurang lebih selama dua minggu kita sama-sama telah berhasil menghimpun 1,6 ton minyak jelantah. Untuk itu, terimakasih khususnya kami ucapkan kepada para warga Jakarta Pusat. Ini juga tidak lepas dari gerakan PKK kelurahan dan seluruh kader,” ucapnya. (ARM)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.