Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Buka Festival HAM, Mahfud MD: Keberagaman Harus Jadi Sumber Kekuatan

Rabu, 17 November 2021 20:17 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md saat membuka Festival HAM 2021. (Foto: Ist)
Menko Polhukam Mahfud Md saat membuka Festival HAM 2021. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan, semua elemen masyarakat tetap memperteguh kekuatan untuk bersatu dalam bingkai keberagaman, meski kerap diuji dengan intoleransi, pemaksaan kehendak, dan permasalahan lainnya.

Hal ini ditegaskan Mahfud saat sambutan dalam acara Festival HAM 2021 yang digelar Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), International NGO Forum on Indonesian Development (INFID) dan Kantor Staf Presiden (KSP) serta Pemerintah Kota Semarang, Rabu (17/11). Acara ini mengambil tema 'Bergerak Bersama Memperkuat Kebhinnekaan, Inklusi dan Resiliensi’.

Baca juga : Bicara Di Festival HAM, Dubes Uni Eropa Bahas Kebebasan Beragama

Menurut Mahfud, tema tersebut sangat relevan dalam merepresentasikan optimisme terhadap tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini. Menurutnya, keberagaman yang seharusnya menjadi kekayaan, kekuatan sebagai bangsa, kerap diuji dengan intoleransi, pemaksaan kehendak, dan permasalahan lainnya.

“Ini merupakan tugas dan tanggung jawab bersama untuk menjawabnya dengan satu tekad bahwa bangsa ini harus bersatu dan saling menghargai pluralisme di dalam berbangsa dan bernegara, untuk kemudian bergerak bersama didalam mencapai tujuan nasional," papar Mahfud.

Baca juga : Hari Toleransi Internasional, Menag Yaqut: Keragaman Adalah Kekayaan

Dalam kesempatan ini, Mahfud mengajak semua pihak menyebarkan pesan-pesan hak asasi manusia, dan memberikan ruang bagi masyarakat dan pemerintah untuk berdialog, serta kerjasama dalam menguatkan praktik-praktif baik penegakan HAM ditingkat nasional maupun ditingkat daerah.

Mahfud juga mengapresiasi pihak-pihak yang secara konsisten terus berperan aktif dalam upaya mewujudkan penghormatan, pelindungan, pemajuan, penegakan dan pemenuhan hak asasi manusia.

Baca juga : Ciptakan SDM Unggul, Muhadjir : Lembaga Pendidikan Harus Berkualitas

Orientasi pembangunan kita, lanjut Mahfud, harus berakselerasi dengan tidak hanya menitikberatkan pada pertumbuhan ekonomi semata, tetapi harus mendorong pembangunan ekonomi yang inklusif maupun aspek-aspek non ekonomi yang berkelanjutan seperti bidang pendidikan dan kesehatan yang inklusif.

"Hal ini sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah terhadap kelompok-kelompok rentan dan minoritas, seperti perempuan, penyandang disabilitas, dan masyarakat adat," pungkas Mahfud. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.