Dark/Light Mode

Buka JFW 2021, Gubernur Anies: Semoga Bangkitkan Gairah Industri Film Tanah Air

Jumat, 19 November 2021 13:13 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan saat menghadiri Festival Jakarta Film Week (JFW). (Foto : PPID DKI)
Gubernur DKI Anies Baswedan saat menghadiri Festival Jakarta Film Week (JFW). (Foto : PPID DKI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Festival Jakarta Film Week (JFW) kembali digelar. Festival film berskala internasional yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta ini akan berlangsung dari tanggal 18 hingga 21 November 2021 di Grand Indonesia, Jakarta Pusat.

Film Ranah 3 Warna yang disutradarai Guntur Soeharjanto menjadi tayangan pembuka pada JFW 2021.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, menilai festival seperti JFW tersebut diharapkan bisa membawa banyak manfaat, terutama bagi kalangan industri kreatif di dunia perfilman.

Baca juga : PKS: Film Nussa Bangkitkan Industri Animasi Berbasis Edukasi

Hal ini tidak lepas dari perhatian Pemprov DKI Jakarta, karena selama pandemi Covid-19, industri perfilman di Indonesia termasuk sektor yang terdampak.

"Besar harapannya bahwa Jakarta Film Week tak hanya mendorong kebangkitan industri film Tanah Air, tapi juga ikut mendorong kebangkitan semangat bangsa. Melalui film, rasa percaya diri bangsa ini juga dapat dibangkitkan," ujar Gubernur Anies bersama Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati, seperti dikutip dari Siaran Pers PPID Provinsi DKI Jakarta, Kamis (18/11) malam.

Gubernur Anies menuturkan, kegiatan JFW 2021 diharapkan menjadi wadah baru munculnya sineas Indonesia dan menjadi kegiatan rutin di Ibu Kota. Menurutnya, animo dunia perfilman saat masa pandemi cukup tinggi dan momentumnya tepat.

Baca juga : Akumindo: Sosialiasi Izin Produk Industri Rumah Tangga Masih Minim

"Semoga ini akan membuka kesempatan bagi semua pihak, mendukung ekonomi kreatif juga.  Hal ini karena terselenggaranya kegiatan merupakan sebuah bukti bahwa kreativitas dan karya nyata tetap bisa lahir di tengah kondisi sulit (pandemi)," tambah Gubernur Anies.

Di samping itu, Gubernur Anies juga menilai hadirnya JFW 2021 diprediksi mampu membuka kesempatan dan peluang baru untuk berkarya serta dapat menjadi bagian penguatan ekonomi pascapandemi, sebagai bentuk kolaborasi yang terjadi dalam subsektor film (Studio, Sumber Daya Manusia, dll).

"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para pelaku seni dan stakeholder perfilman yang ada di Jakarta yang telah mempersiapkan JFW 2021," pungkas Gubernur Anies.

Baca juga : DPD Sebut Pemilu Langsung Seperti Industri Dalam Demokrasi

Perlu diketahui, kegiatan ini turut dihadiri Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata, Walikota Administrasi Jakarta Pusat, Dhani Sukma, jajaran panitia Jakarta Film Week, Ekky Imanjaya dan Andhy Pulung (selaku Festival Board); Rina Damayanti (selaku Festival Director); serta Shenina Cinnamon (selaku Festival Ambassador). [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.