Dark/Light Mode

Sandiaga Optimistis Desa Wisata Bisa Kembalikan Kejayaan Pariwisata Tana Toraja

Selasa, 23 November 2021 08:07 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dengan keindahan alam serta beragamnya adat istiadat, Desa Wisata Kole Sawangan, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan terpilih sebagai satu di antara 50 desa wisata terbaik se-Indonesia.

Penetapan tersebut diyakini mampu mengembalikan kejayaan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) Tana Toraja, yang telah lama menjadi destinasi unggulan setelah Bali.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno ketika menyambangi Desa Wisata Kole Sawangan, Tana Toraja, Sulawesi Selatan pada Minggu (21/11).

Baca juga : Sandi Tegaskan Tak Mudah Wisman Datang Ke Bali, Syarat Harus Terpenuhi

Dalam kesempatan tersebut, dirinya memaparkan tujuan dari digelarnya ajang penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Yakni, menggerakkan ekonomi secara berkeadilan di desa-desa yang sangat membutuhkan sentuhan.

Semangat yang digelorakan ADWI 2021 bertajuk 'Indonesia Bangkit' itu diungkapkan Sandi, dapat dirasakan langsung di Desa Wisata Kole Sawangan.

Seluruh masyarakat sangat bersemangat. Termasuk ketika Sandi hendak menandatangani prasasti ADWI 2021 di rumah tongkonan, rumah adat orang Toraja.

Baca juga : Seri 3 Kompetisi 1 Digelar, LIB Kembali Koordinasi Dengan Keamanan Venue

"Mudah-mudahan ini adalah awal kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif Toraja yang pernah menjadi destinasi nomor dua setelah Bali. Saya harap ini juga menjadi edukasi, menjadi satu daya tarik wisata berbasis budaya dan alam," harap Sandi.

"Oleh karena itu dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, memohon ridho dari Tuhan yang maha esa, maka saya resmikan, saya nyatakan Desa Wisata Kole Sawangan sebagai desa wisata Indonesia Bangkit. Mudah-mudahan pencapaian ini akan menjadi awal dari kebangkitan kita ke depan," sambung mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu, disambut tepuk tangan. 

Semangat serupa juga disampaikan Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung. Mewakili seluruh masyarakat Toraja, khususnya di Desa Wisata Kole Sawangan, Theofilus merasa terharu sekaligus bangga.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.