Dark/Light Mode

Ninjau Bareng Ganjar, Preskom PTPP Andi Gani Pastikan Proyek Tol Semarang-Demak Selesai Tepat Waktu

Jumat, 26 November 2021 19:48 WIB
Presiden Komisaris PTPP (Persero) Tbk. Andi Gani Nena Wea bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi proyek pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Paket 2, Jumat (26/11). (Foto: Ist)
Presiden Komisaris PTPP (Persero) Tbk. Andi Gani Nena Wea bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi proyek pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Paket 2, Jumat (26/11). (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Sampai dengan pekan kedua November 2021, proyek senilai Rp 5,7 triliun ini progress pembangunannya telah mencapai 58,55 persen, lebih cepat dari yang direncanakan.

Adapun lingkup pekerjaannya, antara lain pekerjaan Slob on Pile sepanjang 9,492 kilometer, pekerjaan timbunan sepanjang 6,144 km, dan pekerjaan struktur jembatan sepanjang 0,679 km.

Baca juga : Kilang Cilacap Kebakaran, Pertamina Pastikan Produksi Jalan Terus

Proyek pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Paket 2 ini ditargetkan akan selesai pada tahun 2022 mendatang. Pembangunan proyek jalan tol ini sangat menerapkan performance QHSE. Hasilnya, sampai saat ini nihil kecelakaan proyek (zero fatality).

Kehadiran Jalan Tol Semarang-Demak yang terintegrasi dengan tanggul laut Kota Semarang tersebut diharapkan dapat mendukung pertumbuhan Pusat Ekonomi baru di Provinsi Jawa Tengah.

Baca juga : Tinjau Banjir Gresik, Mensos Pastikan Stok Makanan Dan Tenda

Selain itu, dengan kehadiran jalan tol terseut diharapkan dapat membuka akses baru dan semakin mempermudah akses yang sudah ada sebelumnya.

Dalam keterangan Badan Penyelenggara Jalan Tol (BPJT) menyebutkan Jalan tol dengan panjang 26,7 km ini terbagi menjadi 2 seksi, yakni Seksi 1 (Semarang/Kaligawe-Sayung) sepanjang 10,39 kilometer porsi Pemerintah dan Seksi 2 (Sayung-Demak) sepanjang 16,31 kilometer porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak (PPSD).

Baca juga : PAL Yakin Pembangkit Listrik Terapung Selesai Tepat Waktu

PPSD merupakan salah satu anak usaha PTPP yang bergerak di bidang pengembangan dan pengelolaan jalan tol. Selain sebagai investor, PTPP juga berperan selaku kontraktor dalam pembangunan jalan tol tersebut.

Jalan Tol Semarang-Demak Paket 2 merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) memiliki panjang lintasan 16,31 kilometer dimana dimulai dari Sayung STA 10+394 sampai dengan STA 26+704. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.