Dewan Pers

Dark/Light Mode

Dilengkapi Meubelair, Rusun ASN Di Papua Habiskan Rp 25.5 Miliar

Sabtu, 27 Nopember 2021 08:34 WIB
Maket rusun ASN Kemenkeu di Papua (foto:pupr)
Maket rusun ASN Kemenkeu di Papua (foto:pupr)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah akan membangun Rumah Susun (Rusun) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di Provinsi Papua, pada tahun depan. 

Rusun setinggi tiga lantai dengan 44 hunian tipe 36 ini dilengkapi dengan meubelair yang terdiri dari tempat tidur susun dan lemari pakaian dan meja kursi makan. Rusun ASN ini menelan biaya pembangunan senilai Rp 25,5 miliar.

Berita Terkait : Jadi KSAD, Letjen Dudung Abdurrahman Punya Harta Rp 1,08 Miliar

"Kami terus mendorong pembangunan Rusun ASN. Adanya Rusun ini bisa mendorong semangat serta kinerja para abdi negara dalam melayani masyarakat sekaligus mengoptimalkan pemanfaatan lahan yang ada," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid dalam keterangannya, Sabtu (26/11).

Khalawi menerangkan, pemenuhan hak dasar rakyat terhadap tempat tinggal dituangkan dalam UUD 1945 bahwa setiap orang berhak untuk bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik. Hal tersebut, diharapkan dapat membentuk pondasi bangsa yang kokoh. 

Berita Terkait : PUPR Bangun Rusun Pekerja Di Tanjung Lesung Rp 16,68 Miliar

"Pemerintah memiliki kewajiban yang mutlak dalam memberikan jaminan kepada masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan perumahan yang diwujudkan melalui Program Sejuta Rumah. Kami juga berharap dengan pembangunan Rusun ASN ini dapat meningkatkan kualitas berhuni dan mendorong peningkatan kinerja para ASN dalam memberikan kontribusi positif bagi pencapaian misi Presiden untuk membangun Indonesia maju," harapnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, Rusun ini akan dihuni oleh para ASN Kemenkeu yang ditugaskan di wilayah Timur Indonesia.

Berita Terkait : Vietnam Mundur, RI Siap Gantikan Tuan Rumah ASEAN Para Games

Menkeu juga meminta para ASN yang bertugas untuk tetap semangat dan melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab. Untuk itu, Pemerintah juga terus berupaya memenuhi kebutuhan dasar para pegawai, seperti tempat inggal vertikal seperti Rusun ini. 

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim semoga niat baik kita membangun sebuah fasilitas Rusun bagi para punggawa keuangan negara di Jayapura ini bisa berjalan secara selamat dan baik bagi seluruh jajaran yang akan menghuninya. Semoga ini jadi aset yang bisa memberikan dukungan positif bagi kinerja, pekerjaan dan tugas dari para ASN Kementerian Keuangan," katanya. [MFA]