Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

ODICOFF Belanda, Kementan Catat Kontrak Dagang Pertanian Rp 208,08 Miliar

Senin, 29 November 2021 14:04 WIB
Dirjen Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto saat menyaksikan kerja sama ekspor pertanian antara pengusaha Indonesia dan Belanda/Ist
Dirjen Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto saat menyaksikan kerja sama ekspor pertanian antara pengusaha Indonesia dan Belanda/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Gelaran ODICOFF atau One Day with Indonesian Coffee, Fruits and Floriculture di Belanda menarik perhatian kalangan pengusaha di negara kincir angin tersebut.

Tercatat lebih dari 30 buyer atau importir Belanda yang tertarik dengan komoditas pertanian Indonesia. Tampak antusiame peserta dalam pertemuan terbatas tersebut yang juga dapat disaksikan via zoom meeting.

Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto sekaligus Ketua Delegasi Republik Indonesia (Delri) ODICOFF untuk Belanda dan Serbia, membuka ODICOFF di Belanda dengan mempersembahkan produk pertanian.

Pada kesempatan tersebut, Indonesia membawa kopi, buah, tanaman hias, produk tanaman pangan, produk peternakan serta produk olahan pertanian berkualitas yang bisa langsung dicicipi selama acara berlangsung. 

Baca juga : Ganjar Tetapkan UMP Jawa Tengah Naik 0,78 Persen Jadi Rp 1,8 juta

Diketahui, Belanda, negara yang memiliki empat musim ini sangat menyukai produk pertanian asal negara tropis, salah satunya Indonesia.

Kami membawa produk terbaik dari Indonesia untuk dapat diekspor ke Belanda. Selain kopi, ada salak, manggis, durian dengan jumlah varietas yang sangat banyak dan jumlahnya berlimpah. 

“Pada event ini kami ingin sampaikan ke dunia bahwa Indonesia kaya akan keanekaragaman produk pertanian. Selain rasanya yang sangat khas, kualitasnya juga terbaik,” ujar Anton, sapaan akrabnya.

Dalam gelaran tersebut, tercatat 90 macam produk olahan, 24 produk segar serta 10 tanaman hias berkualitas yang berasal dari Indonesia turut diperkenalkan.

Baca juga : Dilengkapi Meubelair, Rusun ASN Di Papua Habiskan Rp 25.5 Miliar

Anton menerangkan, neraca perdagangan Indonesia terhadap Belanda untuk sektor pertanian di tahun 2020 tercatat surplus 951 juta dolar AS. Ini adalah tren baik bagi perkembangan ekspor Indonesia khususnya pertanian. 

Dengan upaya mempromosikan produk pertanian berorientasi ekspor ini, diharapkan mampu meningkatkan nilai ekspor neraca perdagangan.

Dirinya menegaskan, nilai kontrak pada hari pertama pelaksanaan ODICOFF sementara mencapai Rp 208,08 miliar atau 18,68 juta dolar AS (kurs Rp 14.351/dolar AS). Angka capaian sementara ini akan terus meningkat seiring bertambahnya calon buyer yang tertarik dengan produk yang dipamerkan selama acara berlangsung.

“Ini akan kita dorong terus sesuai dengan program Gratieks atau peningkatan tiga kali lipat ekspor pertanian arahan Bapak Menteri Pertanian,” imbuhnya.  

Baca juga : Gelar ODICOFF, Kementan Jajaki Kerja Sama Pengembangan Bawang Bombai RI-Belanda

Duta Besar Indonesia untuk Belanda Mayerfas menyatakan, pihaknya mendukung penuh terselenggaranya acara ODICOFF ini.

“Kami mendukung upaya pemerintah meningkatkan ekspor komoditas pertanian. Tidak hanya di Belanda juga di seluruh Eropa dengan mempertemukan dan memberikan informasi mengenai akses pasar, khususnya Eropa,” ujar Mayerfas.

Mayerfas menyebutkan, bagi Indonesia, kerja sama khususnya di bidang ekonomi dengan negara-negara Eropa menjadi prioritas utama.

“Kerja sama antara Indonesia, Belanda dan Eropa adalah prioritas utama kami. Selain itu kami juga memperkuat kerja sama dengan negara-negara lain di dunia,” pungkasnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.