Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ketua Komnas HAM: Toleransi Merupakan Kewajiban Setiap Anggota Masyarakat

Jumat, 10 Desember 2021 22:59 WIB
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik berbincangan dengan Presiden Jokowi di sela peringatan Hari HAM Sedunia, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (10/12). (Foto: Info Publik)
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik berbincangan dengan Presiden Jokowi di sela peringatan Hari HAM Sedunia, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (10/12). (Foto: Info Publik)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai negara yang memiliki keberagaman, nilai toleransi di Indonesia merupakan sikap yang harus terus dikembangkan dalam kegiatan sehari-hari oleh masyarakat. Dengan begitu, setiap tantangan yang datang melanda di berbagai sektor di Tanah Air dapat segera diselesaikan.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan, mengembangkan nilai toleransi merupakan kewajiban yang harus dilakukan masyarakat di dalam negeri pada setiap waktu. Sebab, hal ini akan menjadi indikator yang paling utama dalam mengentaskan setiap permasalahan negara yang datang dalam setiap waktu di masa mendatang.

Baca juga : Timnas Day, Ketua Komisi X Serukan Kibaran Merah Putih Di Sosmed

"Sebagai negara yang terdiri dari berbagai suku, agama, keyakinan, ras, etnis, dan golongan, maka toleransi merupakan suatu hal yang harus ditumbuhkan kembangkan oleh seluruh warga negara," ujar Taufan, ketika memberikan sambutan di rangkaian peringatan Hari HAM Sedunia, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (10/12).

Dengan menerapkan nilai itu, lanjut Taufan, akan menyatukan upaya seluruh bangsa Indonesia dalam konteks mengentaskan setiap permasalahan yang melanda nusantara. Seperti dalam kondisi saat ini, seluruh masyarakat perlu menerapkan toleransi di tengah menghadapi betapa bahaya yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19 yang merusak seluruh sendi-sendi kehidupan.

Baca juga : Persija Menang Telak Usai Pelatih Angelo Marah-marah Di Babak Pertama

Dengan penerapan nilai itu, lanjutnya, bangsa Indonesia akan mampu lepas dari krisis yang diakibatkan pandemi Covid-19. "Toleransi menjadi salah satu kunci bagi bangsa Indonesia untuk lepas dari krisis pandemi Covid-19," tuturnya.

Dalam mendukung penerapan toleransi kepada seluruh masyarakat, Komnas HAM juga mendukung tindakan tegas Pemerintah terhadap perbuatan yang melanggar nilai-nilai tadi. Mengingat, permasalahan ini dapat berdampak secara luas bagi berbagai sendi-sendi kehidupan masyarakat di Tanah Air dalam beberapa waktu ke depan.

Baca juga : Bertemu Romo Haryo, Moeldoko Sampaikan Kebijakan Nataru

“Komnas HAM mendukung langkah penegakan hukum yang tegas terhadap setiap tindakan yang intoleran, terutama yang menggunakan ujaran kebencian dan kekerasan," katanya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.