Dark/Light Mode

PUPR Habiskan Rp 92,8 Miliar Untuk Program Sejuta Rumah Di Kalsel

Rabu, 15 Desember 2021 12:49 WIB
PUPR Habiskan Rp 92,8 Miliar Untuk Program Sejuta Rumah Di Kalsel

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), telah menyelesaikan sejumlah bantuan pembangunan perumahan yang termasuk dalam Program Sejuta Rumah di Provinsi Kalimantan Selatan. 

Bantuan perumahan tersebut meliputi pembangunan Rumah Susun, Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya, Program Bantuan Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) Rumah Umum Komersil dengan total anggaran APBN tahun 2021 senilai Rp 92,8 miliar.

“Kami telah melaksanakan pembangunan perumahan untuk masyarakat di Kalsel dengan total anggaran senilai Rp 92,8 miliar,” ujar Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Kalimantan II Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, H. Hujurat saat Rapat Monitoring dan Evaluasi di lingkungan Satuan Kerja  Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Selatan di Kota Banjarmasin dalam keteranganya, Rabu (15/12).

Baca juga : Bank Mandiri Kucurkan Kredit Rp 2,45 T Untuk Ekspansi Hutama Karya

Hujurat menjelaskan, Balai P2P Kalimantan II juga melaksanakan agenda monitoring dan evaluasi mengenai dampak positif program perumahan bagi masyarakat. Hal tersebut dilaksanakan melalui Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Selatan untuk mengetahui kendala di lapangan, menerima masukan dan saran serta evaluasi agar program di bidang Perumahan ini semakin baik dampaknya yang dirasakan oleh masyarakat.

“Kami ingin mengetahui efektifitas program yang berjalan maupun perbaikan di sektor perumahan ke depan. Monitoring dan evaluasi ini juga bertujuan untuk mendapatkan masukan serta informasi sebanyak-banyaknya mengenai Program Sejuta Rumah Progres capaian pembangunan perumahan yang dilaksanakan Kementerian PUPR melalui Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Selatan sudah mencapai 99 persen,” terangnya.  

Sementara itu, Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Selatan Erpika Ansela Surira menjelaskan, beberapa program Direktorat Jenderal Perumahan tahun 2021 yang dilaksanakan di Kalimantan Selatan meliputi pembangunan Rumah Susun, Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), dan Bantuan Rumah Umum Komersil (RUK).

Baca juga : Target Program Sejuta Rumah Hampir Tercapai

Pembangunan infrastruktur perumahan meliputi pembangunan Rumah Susun Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian PUPR yang bertugas di wilayah Kalimantan Selatan. Rusun tersebut dibangun setinggi delapan lantai dan dilengkapi dengan fasilitas meubelair. 

Selanjutnya adalah Program BSPS sebanyak 836 Unit untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang tersebar di 6 Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan.

Sedangkan program lainnya adalah Program Bantuan Prasarana Sarana dan Utilitas (PSU)  berupa jalan lingkungan untuk 1607 unit rumah subsidi di 6 Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan.

Baca juga : PUPR Bangun Rusun Mahasiswa Senilai Rp 12 Miliar Di Aceh

“Kami tetap optimis seluruh pembangunan perumahan yang dilaksanakan Kementerian PUPR di Kalsel selesai tepat waktu meskipun pengerjaan bangunan sedikit terlambat karena faktor cuaca serta terdampak pandemi Covid-19. Namun dengan kerja tim yang baik dan koordinasi yang baik antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah sehingga kendala di lapangan dapat teratasi,” terangnya.  [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.