Dark/Light Mode

Minta e-Governance Dikebut, Jokowi Perintahkan Menkominfo Kejar Infrastruktur Digital

Rabu, 15 Desember 2021 16:46 WIB
Presiden Jokowi dalam acara peresmian Gerakan Akselerasi Generasi Digital di JCC, Senayan Jakarta, Rabu (15/12). (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi dalam acara peresmian Gerakan Akselerasi Generasi Digital di JCC, Senayan Jakarta, Rabu (15/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menginginkan percepatan pembangunan pemerintahan digital atau digital governance.

Untuk itu, Jokowi telah memerintahkan Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia Johnny G. Plate untuk membangun infrastruktur digital secepatnya.

Baca juga : Menteri PUPR Bahas Kerja Sama Infrastruktur Dengan Turki

"Kejar. Karena ini kejar-kejaran. Begitu kita tidak bisa melangkah mengejar itu, ya sudah kita akan semakin jauh. Ada kesempatan dan peluang/opportunity itu ada," kata Jokowi dalam acara peresmian Gerakan Akselerasi Generasi Digital di JCC, Senayan Jakarta, Rabu (15/12).

"Ekonomi digital kita akan tumbuh kalau infrastruktur kita siap, talenta digital kita ada, pemerintahan digital kita siap, regulasi-regulasi digital siap. Sehingga, terbangun sebuah ekosistem masyarakat digital di negara kita,” imbuhnya.

Baca juga : DPR-Pemerintah Diminta Belajar Dari UU Ciptaker

Jokowi juga meyakini, kolaborasi yang digagas oleh Kementerian BUMN melalui pendanaan Merah Putih Fund, Narasi melalui Indonesia Digital Tribe, dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Microcredentials bisa mempercepat pembangunan ekosistem digital.

“Kalau semuanya bergerak, ada Indonesia Digital Tribe oleh Mbak Nana (Najwa Shihab), talenta digital dikerjakan oleh Mendikbud, dan dananya siap di Merah Putih Fund, saya meyakini percepatan dalam rangka membangun sebuah masyarakat digital, ekosistem digital ini akan segera bisa kita capai,” tandas Jokowi.

Baca juga : Pemberantasan Korupsi Dinilai Belum Baik, Jokowi Ingatkan Penegak Hukum Jangan Berpuas Diri

Peresmian Gerakan Akselerasi Generasi Digital ini juga turut dihadiri oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, dan Pendiri Narasi Najwa Shihab. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.