Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jaringan Komunikasi Di Sirkuit Mandalika Dijamin Anti Lelet

Senin, 27 Desember 2021 17:40 WIB
Menkominfo Johnny G Plate (kanan) dan Komandan Sirkuit MotoGP Mandalika Hadi Tjahjanto. (Foto: Humas Kementerian Kominfo)
Menkominfo Johnny G Plate (kanan) dan Komandan Sirkuit MotoGP Mandalika Hadi Tjahjanto. (Foto: Humas Kementerian Kominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) menjamin saluran telekomunikasi di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah dapat digunakan secara maksimal jelang perhelatan MotoGP 2022.

Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan, pada Maret 2022 mendatang Sirkuit Mandalika akan menampung sekitar 900 pembalap dan official dari berbagai negara. 

Untuk memaksimalkan jalur komunikasi di wilayah itu, Johnny mengatakan pihaknya akan menambah infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) agar lebih memadai.

Baca juga : Peringati Hari Ibu, Air Mancur Bagikan Hadiah Untuk Lady Jek

“Termasuk penambahan spektrum frekuensi radio yang masih dibutuhkan,” jelas Johnny usai melakukan pertemuan dengan Komandan Sirkuit MotoGP Mandalika Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto, di Ruang Rapat Menkominfo, Jakarta Pusat, Senin (27/12).

Dengan penambahan spektrum frekuensi, Menkominfo berharap penyelenggaraan pertandingan dan kompetisi MotoGP Mandalika 2022 akan bisa berlangsung dengan baik.

Kominfo juga telah menyediakan dukungan infrastruktur digital, melalui jaringan tulang punggung telekomunikasi kabel serat optik untuk transmisi data dari Mandalika ke berbagai daerah di Indonesia dan dunia. Bahkan, menurutnya, jaringan tulang punggung itu juga menyempurnakan layanan telekomunikasi seluler.

Baca juga : Penindakan Korupsi Harus Fokus Ke Perampasan Aset

"Tadi kami mendiskusikan bagaimana untuk melengkapi agar penyediaan bandwidth dan BTS (Base Transceiver Station) dari operator seluler yang lebih baik. Di sana kebetulan ada dua operator yang besar yang beroperasi di Mandalika yaitu Telkomsel dan XL," ungkapnya. 

Sebelumnya, Menkominfo telah melakukan rapat dengan operator seluler untuk memastikan ketersediaan layanan telekomunikasi yang memadai saat penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022. Johnny berharap, gelaran MotoGP di Mandalika dapat memberi dampak positif bagi masyarakat sekitar, terutama dari segi ekonomi.

"Termasuk bagi penyelenggara homestay, dibutuhkan juga tambahan kualitas layanan dari telekomunikasi untuk masyarakat," jelasnya.

Baca juga : Pemilu Manual Masih Diminati

Selain itu,.Kementerian Kominfo juga sedang mendiskusikan letak koordinat desa di Mandalika yang perlu ditambahkan untuk memperkuat sinyal penyelenggaraan layanan telekomunikasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.