Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tulis Kesan Di Prasasti

Tito: Mall Pelayanan Publik Badung Excellent!

Kamis, 27 Januari 2022 17:29 WIB
Mendagri Tito Karnavian saat meninjau Mall Pelayanan Publik MPP Kabupaten Badung, Bali, Kamis (27/1). (Foto: Kemendagri)
Mendagri Tito Karnavian saat meninjau Mall Pelayanan Publik MPP Kabupaten Badung, Bali, Kamis (27/1). (Foto: Kemendagri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meninjau secara langsung Mall Pelayanan Publik MPP Kabupaten Badung, Bali, Kamis (27/1). Mantan Kapolri ini takjub melihat pelayanan yang berjalan baik. Dia pun tak ragu memuji, MPP Kabupaten Badung merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia.

MPP Kabupaten Badung sudah berdiri sejak 2018. Selama sekitar 4 tahun, MPP Badung tersebut telah banyak melayani masyarakat. Tito lalu menulis kesan mengenai pelayanan MPP Badung di atas prasasti.

"Saya sudah berkunjung ke beberapa Mall Pelayanan Publik di daerah-daerah di Indonesia. Saya amat kagum dengan MPP Kabupaten Badung ini. Sangat excellent! Speechless. Salah satu MPP terbaik di Indonesia. Keep up this great performance!" tulis Tito dengan dibubuhi tanda tangan.

Baca juga : Pelayanan Publik Bisa Terganggu

Tito merasa dirinya tidak berlebihan dengan menuliskan di prasasti itu. “Ini adalah salah satu Mall Pelayanan Publik terbaik di Indonesia," tegasnya.

Dia menambahkan, sesuai arahan Presiden Jokowi dan Wapres KH Ma’ruf Amin, MPP harus beroperasi untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses pelayanan publik. Dengan demikian, rakyat akan merasakan bahwa negara benar-benar hadir.

"Oleh karena itu, salah satu idenya adalah membuat one roof system, sistem satu atap. Semua instansi yang memberikan pelayanan kepada publik dipusatkan di satu tempat, kita sebut namanya mall," imbuhnya.

Baca juga : Kapolri Ingatkan 2 Syarat Wajib Pelaksanaan PTM 100 Persen

Tito membandingkan paradigma pelayanan publik sebelumnya dengan saat ini. Pada masa lalu, publik diibaratkan seperti masuk ke hutan belantara saat mengakses layanan. Pasalnya, mereka dibuat bingung dan dilempar-lempar dari satu meja ke meja lainnya. Saat ini, semuanya telah berubah. Dengan hadirnya MPP, publik lebih mudah saat mengakses pelayanan publik.

"Bagaimana masuk awalnya, kemudian registrasi, kemudian ada tempat untuk bertanya, mau memerlukan pelayanan apa, ada di counter mana, petugas di counter-nya sudah paham dan sistemnya juga terintegrasi," terang Tito.

Selain pelayanan yang sudah baik, dia juga mengapresiasi sistem biaya transaksi layanan MPP Kabupaten Badung yang transparan. Hal ini mengurangi potensi pungutan liar (pungli) dan otomatis berkontribusi dalam pemberantasan korupsi. 

Baca juga : Kapolri: Mari Sama-sama Hadang Omicron

Apresiasi lainnya juga dilayangkan Mendagri terkait pelayanan khusus bagi investor di MPP Kabupaten Badung. "Ya segmennya kan agak beda, treatment psikologi mereka perlu beda juga memang. Ini mudah-mudahan bisa menambah (dan) memperkuat investasi di Bali," harap Mendagri. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.