Dark/Light Mode

Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah GPDRR 2022

Rabu, 2 Februari 2022 18:08 WIB
Menko PMK Muhaddjir Effendy (kanan) saat menerima Perwakilan Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Pengurangan Risiko Bencana, Ms. Mami Mizutori di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (2/2). (Foto: Dok. Kemenko PMK)
Menko PMK Muhaddjir Effendy (kanan) saat menerima Perwakilan Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Pengurangan Risiko Bencana, Ms. Mami Mizutori di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (2/2). (Foto: Dok. Kemenko PMK)

 Sebelumnya 
“Pada pekan lalu, saya secara pribadi telah meninjau persiapan lokasi penyelenggaraan di Bali. Mulai dari bandara untuk memastikan persiapan dan keamanan kedatangan para delegasi, kemudian meninjau kawasan Nusa Dua sebagai venue utama, serta beberapa titik lokasi untuk field trip,” ujar Muhadjir.

“Di Bali, kami juga menggelar Rapat Tingkat Menteri Panitia Penyelenggara GPDRR 2022. Saya nyatakan bahwa persiapan di lapangan sudah sangat baik dan akan semakin ditingkatkan untuk mendukung aksesibilitas dan inklusivitas bagi semua kalangan delegasi,” ungkap Muhadjir.

Lebih lanjut, Muhadjir mengungkapkan beberapa upaya lain juga terus dipersiapkan, termasuk pengamanan dan antisipasi ancaman, peningkatan sarana prasarana pendukung, rencana kontinjensi, kolaborasi substansi pengurangan risiko bencana, kerja sama Pemerintah Indonesia dan Pihak PBB dalam Covid-19 Joint Task Force untuk GPDRR 2022, serta aspek-aspek lainnya.

Baca juga : Bank DKI Raih Indonesia Public Relation Awards 2022

Muhadjir menjelaskan, penyelenggaraan GPDRR 2022 sebagai wujud kolaborasi lintas kementerian/lembaga dalam mendorong pemulihan ekonomi lokal dan nasional pasca pandemi Covid-19.

Penyelenggaraan tersebut juga dapat menjadi role model penyelenggaraan event internasional di era new normal serta merefleksikan kepercayaan komunitas internasional atas kepemimpinan Indonesia di dalam isu kebencanaan yang juga menegaskan posisi Indonesia sebagai negara center of knowledge.

“Indonesia sebagai tuan rumah akan mendorong pembahasan implementasi Kerangka Sendai, merekomendasikan tindakan untuk pembuat kebijakan, menyoroti praktik yang baik dan meningkatkan kesadaran terhadap pengurangan risiko bencana," ujar Muhadjir.

Baca juga : Top, Bank DKI Raih Indonesia Public Relation Awards 2022

Hasil pertemuan akan disintesis dalam ringkasan Co-Chair dan akan berkontribusi pada tinjauan jangka menengah antar-pemerintah dari Kerangka Sendai yang dijadwalkan untuk 2023.

Dalam mendukung pemulihan ekonomi dampak pandemi Covid-19, pemerintah akan menyiapkan konsep penyelenggaraan yang berdampak terhadap peningkatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), melibatkan peran UMKM, serta optimalisasi beberapa Kawasan pariwisata sebagai lokasi field trip GPDRR 2022.

“Kita semua berharap semoga penyelenggaraan GPDRR 2022 dapat berjalan dengan sukses,” pungkas Muhadjir. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.