Dewan Pers

Dark/Light Mode

Besok, Mendikbudristek Umumkan Agenda Prioritas G20 Bidang Pendidikan Dan Kebudayaan

Selasa, 8 Februari 2022 16:52 WIB
Foto: Kemendikbudristek.
Foto: Kemendikbudristek.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim akan mengumumkan agenda prioritas bidang pendidikan dan kebudayaan yang akan didorong pemerintah Indonesia pada perhelatan G20, Rabu (9/2).

Pengumuman akan dilakukan melalui acara "Kick Off G20 on Education and Culture" yang akan ditayangkan melalui kanal YouTube KEMENDIKBUD RI pukul 13.00-15.00 WIB.

"Kami sebagai bagian dari rakyat Indonesia mengajak warga dan pemimpin dunia untuk bergotong royong dan terlibat dalam pemulihan dari pandemi. Mari bersama membangun dunia secara berkelanjutan, khususnya di bidang pendidikan dan kebudayaan," ajak Menteri Nadiem, Selasa (8/2). 

Berita Terkait : Pasien Covid Di RS Persahabatan Mayoritas Bergejala Ringan Dan Sedang

Diingatkannya, masyarakat patut berbangga lantaran Indonesia berkesempatan untuk memimpin 19 negara maju lainnya yang tergabung dalam G20. Juga, mengajak sejumlah negara berkembang untuk bersama-sama menjawab tantangan global.

Karenanya, Menteri Nadiem mengajak masyarakat untuk menyaksikan "Kick Off G20 on Education and Culture" untuk mengetahui agenda prioritas yang akan didorong kementerian yang dipimpinnya selama presidensi Indonesia pada G20.

"Saya mengajak masyarakat untuk mengetahui apa saja yang perlu kita perjuangkan bersama. Kita semua perlu terlibat, agar G20 betul-betul menghadirkan langkah konkrit dan dampak nyata yang bermanfaat bagi banyak negara, khususnya Indonesia," imbau eks bos Gojek itu.

Berita Terkait : Mentan Ingatkan Pentingnya Peran Penelitian Untuk Kemajuan Pertanian

Selain bidang pendidikan, Menteri Nadiem juga menyatakan akan mengusung agenda kebudayaan. Dia memaparkan, Indonesia dengan kekayaan budaya dan kearifan lokalnya juga berperan penting dalam membangun pemulihan dunia.

"Kami mengajak warga dunia untuk kembali ke jalan budaya untuk kehidupan bersama yang berkelanjutan. Kami mengajak dunia untuk betul-betul melihat lebih dalam apa yang dapat ditawarkan Indonesia melalui seni dan budaya," ungkap Menteri Nadiem.

Sejalan dengan pernyataan Mendikbudristek, pada "Kick-Off G20 on Education and Culture" akan ada gelar wicara dengan topik Jalan Budaya untuk Hidup Berkelanjutan.

Berita Terkait : Kemendag Gandeng Kemendikbudristek Luncurkan Penggerak Muda Pasar Rakyat

Sesi ini akan menghadirkan Direktur Jenderal (Dirjen) Kemendikbudristek sekaligus Coordinator of Ministerial Meeting on Culture, Hilmar Farid, wirausahawan sosial Helianti Hilman selaku wirausahawan sosial, dan penyanyi sekaligus penggerak fesyen berkelanjutan, Andien Aisyah.

Selain itu, akan hadir juga gelar wicara menarik dengan topik Solidaritas dan Kemitraan serta Masa Depan Dunia Kerja Pasca Covid-19 yang menampilkan Iwan Syahril selaku Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbudristek, sekaligus Chair Education Working Group (EdWG) Iwan Syahril, Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan sekaligus Chair Employment Working Group Anwar Sanusi selaku, dan Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto.
 Selanjutnya