Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Petrokimia Gresik Dan Srikandi BUMN Dorong Peningkatan Partisipasi Perempuan Di Level Top Management

Rabu, 16 Februari 2022 17:37 WIB
Direktur Operasi & Produksi Petrokimia Gresik Digna Jatiningsih dan Direktur SDM, Tata Kelola & Manajemen Risiko Pupuk Indonesia (Persero) Tina T. Kemala Intan, dalam Talkshow Srikandi BUMN bertajuk Perempuan Berani Ambil Peran, yang diselenggarakan secara virtual, awal pekan ini. (Foto: Ist)
Direktur Operasi & Produksi Petrokimia Gresik Digna Jatiningsih dan Direktur SDM, Tata Kelola & Manajemen Risiko Pupuk Indonesia (Persero) Tina T. Kemala Intan, dalam Talkshow Srikandi BUMN bertajuk Perempuan Berani Ambil Peran, yang diselenggarakan secara virtual, awal pekan ini. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
"Dari sisi kebijakan dan peluang sudah ada, sekarang tinggal bagaimana para perempuan di BUMN harus terus meningkatkan kompetensi dan skill sehingga dapat meningkatkan karirnya secara profesional," tuturnya.

Dari sisi kebijakan nasional, Pelaksana Harian Asisten Deputi Pengarusutamaan Gender (PUG) Bidang Ekonomi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Helsyanita menjelaskan, mempromosikan kesetaraan gender merupakan salah satu strategi pembangunan nasional.

Pemerintah dalam rencana jangka menengah memiliki program bernama Pengarusutamaan Gender (PUG). Ini akan menjadi landasan dalam setiap pembangunan di segala bidang.

Baca juga : BI: Dorong Penguatan Data Untuk Perumusan Kebijakan

Kesetaraan gender saat ini menjadi salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan. Oleh karena itu, dunia usaha harus memandang pekerjanya sebagai aset paling berharga bagi keberlangsungan perusahaan.

"Pemberdayaan pekerja perempuan juga terbukti memberikan dampak langsung pada kesuksesan proses bisnis perusahaan," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Gresik Aminatun Habibah mengungkapkan, isu yang mengemuka di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik adalah keberanian perempuan untuk tampil dan juga kompetensi yang dimiliki. "Dua hal tersebut bukan merupakan pilihan, sehingga wajib dimiliki dua-duanya," ujar Bu Min, panggilan akrab Wabup Gresik.

Baca juga : Mentan Dorong Petani Bone Tingkatkan Produksi Padi Lewat Terobosan IP400

Bu Min tak menampik, masih ada anggapan di masyarakat bahwa tugas perempuan berada di belakang layar. Tetapi, ia yakin, dengan sosialisasi PUG maka akan muncul pemahaman bersama dan bagaimana perempuan dapat mengambil kesempatan yang ada.

“Untuk itu, dukungan dari keluarga juga menjadi faktor penting yang mendorong perempuan dapat perpartisipasi atau berkontribusi lebih di suatu bidang,” tandas Bu Min.

Di lingkungan Pemkab Gresik sendiri, Bu Min mengutarakan bahwa dirinya bersama Bupati Gresik terus mendorong perempuan untuk bisa mengambil peran dalam pemerintahan. Ia menargetkan porsi hingga 30 persen.

Baca juga : Bamsoet Dorong APLI Tingkatkan Perekonomian Nasional

"Saat pengangkatan Eselon II kemarin kita dorong perempuan untuk ikut serta di dalamnya. Kita akan dorong itu terus, termasuk jabatan kepala desa saat ini juga sudah diisi oleh perempuan," jelasnya.

Selain paparan dari berbagai narasumber, dalam kegiatan ini juga diberikan penghargaan kepada tokoh perempuan penggerak yang memiliki kontribusi besar dibidangnya masing-masing.

Di antaranya, Aeshnina Azzahra Aqilani sebagai Srikandi Penggerak Bidang Lingkungan, Farha Ciciek sebagai Srikandi Penggerak Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta almarhumah Mbah Masmundari, yang mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.