Dark/Light Mode

Tambah Pengetahuan Praja Soal Pemulihan Ekonomi Daerah, IPDN Undang Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka

Kamis, 24 Februari 2022 16:26 WIB
Rektor IPDN Hadi Prabowo. (Foto: Humas IPDN)
Rektor IPDN Hadi Prabowo. (Foto: Humas IPDN)

 Sebelumnya 
Ia juga kembali memberikan highlite terkait posisi Indonesia yang saat ini masih menduduki ranking ke-73 dari 193 negara terkait pertumbuhan ekonominya. Sedangkan dari segi daya saing bisnis, Indonesia berada di posisi 37.

“Ada kenaikan ranking dari segi daya saing, tahun 2020 kita berada di urutan ke 40 dari 64 negara, tahun ini ada di posisi 37. Kalau untuk daya saing digital kita ada di urutan ke-53," ungkapnya. 

Pada kesempatan ini Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo memaparkan terkait desain skenario massa Covid-19 yang diimplementasikan di daerahnya, yakni pemulihan ekonomi dengan cara pertanian terpadu dan UMKM, pengembangan kesehatan serta transformasi birokrasi/pemerintahan transformatif.

Baca juga : Belajar Soal Pemulihan Ekonomi Di Tengah Pandemi Covid-19, Praja IPDN Dikuliahi Tiga Gubernur

Sedangkan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang hadir secara daring menyampaikan upaya-upaya yang telah dilakukan oleh pemkot dalam rangka meningkatkan pemulihan ekonomi.

Kota Solo kata dia, terus bergerak membentuk kota tangguh yang berbasis kearifan dan potensi lokal, kebut vaksinasi dan kebut pemulihan ekonomi menjadi prioritas. Kebut vaksinasi dilakukan melalui berbagai kerja sama dengan organisasi kemasyarakatan, TNI, Polri dan lain sebagainya. 

Percepatan vaksinasi, pemasifan testing, tracing dan treatment serta pemberdayaan masyarakat diharapkan mampu membentuk herd immunity yang tentunya akan berdampak kepada pemulihan ekonomi. Pemkot Solo juga menggelontorkan dana bansos dari dana APBD yang dialokasikan untuk penanganan Covid.

Baca juga : Belajar Soal Pemulihan Ekonomi Di Masa Pandemi, Praja IPDN Dikuliahi Ridwan Kamil Dan Olly Dondokambey

"Selain itu pemerintah juga memberikan bantuan berupa handphone untuk membantu proses pembelajaran online dimasa pandemi. Selain itu pemkot juga meluncurkan UMKM digital dan pembayaran non tunai di 44 pasar tradisional dan modern," ujarnya.

Tak berbeda dengan Kota Solo, Bupati Batu Bara juga menyampaikan salah satu upaya pemulihan ekonomi daerah yakni dengan membangun dan memfasilitasi UMKM daerah.

Seperti membangun Pusat Layanan Usaha Terpadu, rumah produksi bersama klaster cabai merah, memfasilitasi pemasaran produk UMKM serta menggandeng BUMDes untuk menjalin kemitraan dengan pelaku koperasi dan UMKM.

Baca juga : Di Luar Jawa Bali, Pemerintah Siapkan Isoter 2-3 Kali Lipat Dibanding Masa Delta

Sementara Wali Kota Makkasar memngembangkan inovasi-inovasi seperti 5.000 startup Lorong, 5.000 lorong wisata, incubator center, Makassar Virtual Economic Center, 1,5 juta QR code penduduk, 300.000 QR code rumah. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.