Dark/Light Mode

Lagi, IPDN Kumpulin Kepala Daerah Bahas Kiat-Kiat Pemulihan Ekonomi Di Masa Pandemi

Jumat, 25 Februari 2022 13:19 WIB
Rektor IPDN Hadi Prabowo. (Foto: Humas IPDN)
Rektor IPDN Hadi Prabowo. (Foto: Humas IPDN)

 Sebelumnya 
Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) ini mengungkapkan, Makassar di bawah kepemimpinan Mohammad Ramdhan mampu mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 4,65 persen pada 2021. "Keberhasilan Kota Makassar juga dapat dijadikan bahan percontohan untuk kita semua," imbau Hadi.

Sedangkan Solo, Batu Bara dan Gorontalo masih bisa mempertahankan ekspornya di masa pandemi. Kemampuan ekspor di Solo mencapai 15,57 persen, Batu Bara 13,71 persen, dan Gorontalo 10,97 persen. "Ketiga daerah ini memiliki kemampuan yang baik dalam mempertahankan ekspornya di tengah pandemi," imbuhnya.

Diterangkan Hadi, saat ini, Indonesia masih menduduki ranking ke-73 dari 193 negara dari pertumbuhan ekonominya. Sedangkan dari segi daya saing bisnis, Indonesia berada di posisi 37. Ada kenaikan ranking dari segi ini.

Baca juga : Balitbang Kemendagri Imbau Daerah Tingkatkan Inovasi Di Bidang Sosial

"Tahun 2020 kita berada di urutan ke 40 dari 64 negara, tahun ini ada di posisi 37. Kalau untuk daya saing digital kita ada diurutan ke-53," ungkap Hadi.

Di akhir kegiatan, Hadi berharap Stadium General ini dapat memberikan semangat dan kapasitas untuk mempertajam analisis didalam pemahaman dan implementasi ilmu pemerintahan.

Dia berharap, usaha-usaha serta upaya untuk keluar dari permasalahan yang saat ini menghambat bangsa Indonesia segera dapat diantisipasi.

Baca juga : Perlu Kerja Sama Untuk Pemulihan Ekonomi Global

"Serta semoga pula penyelenggaraan pemerintahan bisa berjalan secara transparan, akuntabel dan tentunya semangat untuk mensejahterakan masyarakat harus bisa diwujudkan," beber anak buah Mendagri Tito Karnavian harapnya.

Usai Stadium General, masih dalam rangkaian acara Dies Natalis IPDN ke-66, bakal digelar vaksinasi massal di tiga daerah di Provinsi Jawa Tengah. Yaitu, di Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kota Semarang pada tanggal 26-28 Februari 2022.

"Kegiatan Stadium General dan vaksinasi massal yang bekerja sama dengan TNI-AL ini masih merupakan kegiatan dalam rangkaian Dies Natalis IPDN ke-66," imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.