Dark/Light Mode

Jokowi Berharap, Masjid At-Thohir Jadi Simpul Toleransi & Moderasi Beragama

Rabu, 9 Maret 2022 20:35 WIB
Jokowi Berharap, Masjid At-Thohir Jadi Simpul Toleransi & Moderasi Beragama

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meresmikan Masjid At-Thohir yang terletak di daerah Tapos, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, Rabu (9/3).

Jokowi berharap, kehadiran masjid ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan keislaman, di samping sebagai tempat ibadah umat Islam.

"Menjadi pusat dakwah yang modern, yang mencerdaskan, yang mencerahkan, dan tempat yang teduh untuk menjalin dan mempererat tali silaturahmi, mempererat persaudaraan antarsesama umat manusia, dan berkontribusi untuk membangun peradaban Indonesia yang lebih baik," tutur Jokowi dalam keterangannya, Rabu (9/3).

Jokowi juga berpesan, agar Masjid At-Thohir bisa menjadi simpul dalam memperkuat toleransi, memperkuat moderasi beragama, sehingga dapat menjadi rujukan dan inspirasi bagi kemajuan bangsa. Serta menunjukkan Islam yang rahmatan lil alamin.

Baca juga : Jokowi Resmikan NasDem Tower, Surya Paloh Berkaca-kaca

Jokowi menuturkan, keindahan dari arsitektur masjid tersebut mengingatkan arti penting keluarga dalam syiar Islam.

Masjid dengan desain harmonis tersebut, mengingatkan pentingnya arti keluarga dalam membentuk karakter Islami.

"Pesan penting tersebut tergambar sangat jelas melalui, tadi yang disampaikan oleh Pak Boy, kubah besar bagian paling atas atau kepala bangunan yang dikelilingi oleh tiga kubah berukuran sedang dan kecil, dan didesain sangat harmonis, sangat hangat, dan sangat indah," beber Jokowi.

Masjid At-Thohir yang dirancang dengan gaya arsitektur klasik modern dibangun di atas lahan seluas 2,8 hektare.

Baca juga : Menag: Pers Efektif Perkuat Moderasi Beragama

Masjid bernuansa putih ini memiliki kapasitas 1.976 orang di area dalam masjid dan 1.395 di fasilitas pendukung plaza serbaguna.

Dalam laporannya, Ketua Yayasan Mochamad Thohir, Garibaldi Thohir mengatakan, pembangunan masjid ini merupakan wujud nyata bakti anak kepada orang tua.

Garibaldi berharap, keberadaan Masjid At-Thohir dapat bermanfaat dalam memakmurkan masyarakat luas, seperti pesan mendiang Mochamad Teddy Thohir.

"Kami sangat berharap agar Masjid At-Thohir ini akan memberi peran penting dan bermanfaat luas, dan juga bisa memakmurkan masyarakat luas seperti pesan almarhum kepada kami," ucap Giraldi.

Baca juga : Tangkal Paham Ekstrem, Wamenag Dorong PTK Aktif Membumikan Moderasi Beragama

Peresmian tersebut dihadiri Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri BUMN Erick Thohir[HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.