Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Genjot Konsumsi Ikan, KKP Bangun Sentra Kuliner

Jumat, 11 Maret 2022 22:38 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus menggenjot peningkatan angka konsumsi ikan nasional. Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Artati Widiarti mengatakan, selain melakukan serbuan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) ke daerah-daerah prioritas penanganan stunting, KKP juga membangun sentra-sentra kuliner ikan di sejumlah daerah di Indonesia.

"Di tahun 2021, kita bangun 7 sentra kuliner ikan, salah satunya berlokasi di Bondowoso tepatnya di Ponpes Al Ishlah," ujarnya saat mengunjungi Bondowoso, dikutip Jumat (11/3).

Artati mengungkapkan, selain untuk meningkatkan minat untuk mengkonsumsi ikan, pembangunan sentra kuliner ikan ini sekaligus bertujuan untuk membantu UMKM dalam pemasaran produk dan kuliner ikan. Serta, menjadi sentra edukasi, promosi dan rekreasi. 

Baca juga : Ini Pentingnya Pondasi Keuangan Sebelum Investasi

Kabupaten Bondowoso sengaja dipilih lantaran tingkat konsumsi ikan masyarakat di wilayah ini baru mencapai 20,87 kg per kapita setara ikan utuh segar di tahun 2020. Angka ini masih di bawah rata-rata konsumsi Provinsi Jawa Timur, yaitu 41,44 kg per kapita setara ikan utuh segar.

Melalui sentra kuliner ini, Artati juga berharap semakin mendekatkan ikan dengan masyarakat Bondowoso yang jauh dari laut.

Kemudian, menempatkan sentra kuliner ini di lokasi pondok pesantren (ponpes) agar menjadi ajang pembelajaran berwirausaha untuk para santri yang ikut mengelola. Setelah lulus nanti, para santri ini bisa membantu mensosialisasikan manfaat mengonsumsi ikan melalui dakwahnya kelak.

Baca juga : Ridwan Kamil: Tak Ada Pembangunan Tanpa Ketentraman

"Kita bangun sentra kuliner dengan suasana yang nyaman dengan harapan yang makan disini senang dan pingin balik lagi bawa teman, keluarga. Jadi, biar makin banyak yang makan ikan," tutup Artati.

Ketua Koperasi Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso Sudirman Darwis menyatakan telah melakukan uji coba pembukaan sentra kuliner ikan ini selama 3 bulan ini, usai bangunan rampung. Hasilnya, kata dia, luar biasa.

"Sungguh luar biasa, karena masyarakat Bondowoso ternyata merindukan adanya sentra kuliner yang spesial ikan. Saat ini ada bermacam-macam menu dari kakap merah, cumi dan udang. Ternyata menu-menu ini banyak dipilih dan menjadi favorit pengunjung yang datang," ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.