Dark/Light Mode

Digitalisasi Jadi Solusi UMKM dan Koperasi Bertahan

Jokowi Targetkan 20 Juta UMKM Onboarding Di Marketplace Pada 2022

Senin, 28 Maret 2022 14:58 WIB
Presiden Jokowi didampingi Seskab Pramono Anung pada Peresmian Pembukaan Rakornas Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM Tahun 2022 secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, Senin (28/3) (Foto: Humas Setkab/Rahmat)
Presiden Jokowi didampingi Seskab Pramono Anung pada Peresmian Pembukaan Rakornas Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM Tahun 2022 secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, Senin (28/3) (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menargetkan sebanyak 20 juta pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dapat masuk atau onboarding ke lokapasar atau marketplace pada tahun 2022.

Baca juga : Targetkan 30 Juta UMKM Onboarding Digital, Teten Minta KUMKM Manfaatkan PLUT

“Tahun 2022 ini minimal 20 juta dan meningkat 24 juta di tahun depan tahun 2023 dan 30 juta di tahun 2024. Ini target, kalau semua bekerja keras, memiliki keinginan yang sama mencapai target yang telah kita tentukan, saya yakin insyaallah kita semuanya bisa melakukan,” kata Jokowi saat Peresmian Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM Tahun 2022, secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, Senin (28/3).

Baca juga : YES Preneur Launching Situs Marketplace

Di masa pandemi, ujar Presiden, digitalisasi telah menjadi solusi bagi pelaku usaha UMKM dan koperasi untuk bertahan, tumbuh, dan berkembang di tengah situasi yang sulit saat pembatasan aktivitas dan mobilitas. Tercatat sebanyak 17,5 juta pelaku UMKM telah masuk dalam ekosistem digital.

Baca juga : Jokowi Heran, Senayan Sekarang Kok Pada Diam

“Jumlah ini belum cukup dan harus terus kita tingkatkan. Momentum saat ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk mendorong percepatan transformasi digital, memiliki kemampuan yang baik untuk memanfaatkan teknologi digital, lebih banyak mengisi marketplace, menjadi bagian dari rantai pasok nasional maupun global agar UMKM kita segera naik kelas,” tegasnya. (MRA)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.