Dark/Light Mode

Pasarkan Produk, Kemenkominfo Target 112 Juta UMKM Gunakan Sistem Digital

Senin, 21 Juni 2021 15:52 WIB
Foto: Antara
Foto: Antara

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menargetkan hingga tahun 2024 ada 112 juta pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) menggunakan sistem digital dalam memasarkan produknya.

"Sistem digitalisasi dalam melakukan pemasaran produksi sangat membantu dalam pengembangan usaha bisnis UMKM," ujar Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Kemenkominfo, Hedi M Idris ketika membuka kegiatan pelatihan dan praktik digitalisasi di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Senin (21/6).

Baca juga : Pemerintah Bidik 30 Juta UMKM Masuk Ekosistem Digital Di 2030

Ia mengatakan saat ini ada 60 juta orang lebih pelaku UMKM di Indonesia telah menggunakan sistem digitalisasi dalam melakukan pemasaran hasil produknya dengan hasil yang sangat menggembirakan.

Pihaknya terus mendorong agar pelaku UMKM termasuk di Provinsi Nusa Tenggara Timur menggunakan sistem digital dalam pengembangan usaha agar lebih cepat berkembang.

Baca juga : 2024, Pemerintah Targetkan 30 Juta UMKM Masuk Ekosistem Digital

Menurutnya pemerintah menargetkan hingga tahun 2024 ada 112 juta pelaku UMKM di Indonesia menggunakan sistem digital dalam menjalani usahanya dengan tetap meningkatkan kualitas produksi sehingga diminati konsumen.

Hedi mengatakan Kemenkominfo mengapresiasi terhadap antusiasme 90 orang peserta pelatihan yang merupakan eks pekerja imigran di NTT untuk mengikuti kegiatan pelatihan dan praktik digitalisasi proses bisnis bagi kelompok usaha eks pekerja migran.

Baca juga : Telkom Targetkan Seluruh Pesantren Go Digital

"Pengembangan bisnis dengan sistem digital sudah menjadi penting di tengah pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus meningkat," ujarnya. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.