Dark/Light Mode

Perpusnas Dukung Peningkatan Literasi Perempuan Dan Anak

Selasa, 29 Maret 2022 20:20 WIB
Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando dan Menteri PPPA Bintang Puspayoga menunjukkan naskah MoU pada acara Rakornas Perpustakaan 2022, di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa, (29/3). (Foto: Dok. Perpusnas)
Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando dan Menteri PPPA Bintang Puspayoga menunjukkan naskah MoU pada acara Rakornas Perpustakaan 2022, di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa, (29/3). (Foto: Dok. Perpusnas)

 Sebelumnya 
Pada acara yang sama, juga dilakukan penandatanganan MoU antara Perpusnas dan tujuh perguruan tinggi. Yakni UIN Imam Bonjol Padang, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Universitas Al Gifari, Universitas Al Sali-Al Aitam, IAI Ngawi, dan STMIK Jawa Barat.

Menteri Bintang juga berkesempatan menyerahkan beberapa penghargaan, di antaranya:
1. Provinsi dengan Nilai Tingkat Kegemaran Membaca Tertinggi Tahun 2021:
  - Peringkat 1 DI Yogyakarta
  - Peringkat 2 Jawa Tengah
  - Peringkat 3 Jawa Barat

Baca juga : Resmikan Kantor Baru, Ajaib Group Dukung Pemerintah Terus Pacu Perkembangan Digital

2. Provinsi dengan Nilai Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat Tertinggi Tahun 2021
  - Peringkat 1 Kalimantan Selatan
  - Peringkat 2 Maluku
  - Peringkat 3 Gorontalo

Selain itu, Kepala Perpusnas juga memberikan penghargaan Provinsi dengan Cakupan Akreditasi Perpustakaan Terbaik Provinsi dengan persentase perpustakaan terakreditasi terbanyak (Tertinggi) kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta sebagai peringkat 1, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kepulauan Bangka Belitung (peringkat 2), dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DI Yogyakarta (peringkat 3). Diikuti dengan Kategori Perpustakaan Umum Kabupaten/Kota Rujukan Nasional Akreditasi Perpustakaan Terbaik, jatuh kepada Pekanbaru, Salatiga, dan Kabupaten Bandung.

Baca juga : Hari ini Perpusnas Gelar Rakornas Perpustakaan Tahun 2022

Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK Didik Suhardi juga ikut memberikan penghargaan Provinsi dengan Nilai Kinerja Anggaran Dekonsentrasi Terbaik Tahun 2021. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta kembali menduduki peringkat 1, sedangkan peringkat 2 jatuh kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kepulauan Riau, dan peringkat 3 kepada Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Papua. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.