Dark/Light Mode

Jamin Stok Beras, Kementan Bareng Ombudsman Monitoring Kostraling

Minggu, 17 April 2022 08:24 WIB
Anggota Ombudsman Yeka Hendra Fatika saat monitoring kegiatan Kostraling dan Penyaluran KUR petani di Sragen, Sabtu (16/4). (Foto: Istimewa)
Anggota Ombudsman Yeka Hendra Fatika saat monitoring kegiatan Kostraling dan Penyaluran KUR petani di Sragen, Sabtu (16/4). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Melansir data BPS, potensi luas panen padi se-Provinsi Jateng bulan April 2022 sebesar 121.758 ha dengan estimasi produksi 680.289 ton GKG dan Kabupaten Sragen seluas 143 ha dengan estimasi produksi 925 ton GKG. Harga rata rata gabah di Kabupaten Sragen yakni Rp 4.300/kg GKP dan Rp 5.300/kg GKG di musim tanam pertama.

Sementara itu, Kepala Bulog Surakarta, Sri Muniati mengatakan ketersediaan beras di wilayah Surakarta saat ini aman karena Bulog memiliki sentra penggilingan padi modern, sehingga serapan gabah dan beras tinggi serta mengantisipasi anjloknya harga.

Baca juga : Dari Tanah Suci, Salim Segaf Berdoa Untuk Keselamatan Bangsa Dan Negara

Di tahun ini, target total serap gabah sebanyak 55,5 ribu ton setara beras terdiri dari pengadaan pemerintah (PSO) dan komersil.

"Untuk mencapai target ini, Bulog Surakarta memiliki 9 gudang dengan kapasitas 90 ribu ton beras di antaranya 2 gudan di Sragen. Khusus di Sragen, sejak Maret sudah berjalan kegiatan serap gabah dan mitra pun sudah mengerti untuk kadar airnya 14 persen," ujarnya.

Baca juga : Tingkatkan Kualitas, Kementan Siapkan Magang Petani Milenial Kalsel

"Untuk harga beras masih mengacu Permendag tahun lalu yaitu Rp 8.300 perkilogram dan gabah kering giling Rp 5.300. Pada saat ini kami menyerap beras dan gabah," pinta Sri. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.