Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Safari Ramadan KKP

BKIPM Luncurkan Quality Assurance Kampung Bandeng Gresik

Kamis, 21 April 2022 21:59 WIB
Peluncuran Quality Assurance (QA) Kampung Bandeng yang dilakukan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, di Gresik, Jawa Timur, Kamis (21/4). (Foto: Dok. KKP)
Peluncuran Quality Assurance (QA) Kampung Bandeng yang dilakukan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, di Gresik, Jawa Timur, Kamis (21/4). (Foto: Dok. KKP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono didampingi Plt Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Hari Maryadi melanjutkan Safari Ramadan dengan meluncurkan Quality Assurance (QA) Kampung Bandeng, di Gresik, Jawa Timur, Kamis (21/4). Menteri Trenggono memastikan memberikan dukungan penuh ke para petani bandeng, baik pendampingan maupun teknologi budidaya, sehingga hasil panen bisa terus meningkat.

“Kampung budidaya ini menjadi salah satu contoh kampung budidaya yang harapannya dapat menyejahterakan masyarakat. Kita harus perkuat komoditas andalan di sini yaitu ikan bandeng. Targetnya kuantitas area yang sudah ada tidak boleh berkurang dan harus terus bertambah,” terang Trenggono.

Baca juga : Paramount Land, Kembali Luncurkan Maggiore Grande Tahap 2 Di Gading Serpong

Sebagai salah satu produsen ikan bandeng terbesar di Indonesia, volume bandeng Kabupaten Gresik pada 2020 mencapai 87.119 ton dari total produksi perikanan budidaya sebesar 138.578 ton. Total luas area budidayanya seluas 28.000 hektare.

Secara keseluruhan, produksi bandeng Gresik lebih dari 87 ribu ton per tahun atau setara Rp 1,4 triliun. Sedangkan jumlah pelaku usaha budidaya bandeng di Kecamatan Ujung Pangkah sebanyak 1.713 orang, 86 di antaranya berada di Desa Pangkah Wetan.

Baca juga : Golkar DKI Gelar Safari Ramadan Dengan Berbagi Santunan

Plt Kepala BKIPM Hari Maryadi menyatakan, rangkaian kunjungan kerja lapangan Ramadan ini ditujukan untuk melihat langsung potensi sumber daya perikanan, hambatan, dan kendala dalam pelaksanaan program terobosan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di sektor perikanan budidaya ataupun perikanan.

“Target BKIPM ke depan adalah ikan dan produk perikanan yang diproduksi/ditangkap dan diolah bebas hama penyakit ikan ber berbahaya, memenuhi syarat mutu dan berorientasi ekspor,” kata Hari, di sela mendampingi Trenggono.

Baca juga : Sambut Ramadan, Manzone Dan Setali Gelar Kampanye Baik Untuk Kita

Di acara ini, Trenggono didampingi Hari juga menyerahkan 289 sertifikat CPIB (Cara penanganan ikan yang baik), 28 sertifikat HACCP (Hazard analytical critical control point), serta 6 sertifikat CKIB (Cara karantina ikan yang baik) kepada pelaku usaha UMKM dan supplier perikanan.

Ketua Umum Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) Kris Budihardjo mengapresiasi Safari Ramadhan KKP serta pemberian sertifikat CPIB kepada UMKM/supplier yang didahului dengan sosialisasi dan pelatihan. "Hal ini dapat menumbuhkan kebanggaan dan kepercayaan diri pelaku usaha perikanan mikro kecil menengah dalam berbisnis serta memenuhi standar mutu internasional. Juga bisa digunakan untuk kepentingan kredit perbankan," tutur Kris. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.