Dark/Light Mode

Asyik, Pemudik Motor Kini Dibikinin Rest Area, Bisa Santai-santai Di Kursi Pijat

Kamis, 28 April 2022 08:23 WIB
Pemudik motor juga harus mengistirahatkan fisik, setiap empat jam perjalanan. Agar kondisi tubuh tetap fit. (Foto: Ditjen Hubdat)
Pemudik motor juga harus mengistirahatkan fisik, setiap empat jam perjalanan. Agar kondisi tubuh tetap fit. (Foto: Ditjen Hubdat)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemudik motor mendapatkan perhatian ekstra di mudik Lebaran tahun ini. Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, menyediakan rest area khusus motor di Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Losarang, Indramayu, Jawa Barat.

Total, ada 41 lokasi UPPKB yang tersebar di pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan NTB.

 

 

Baca juga : Disiplin Prokes, Vaksin Dan Booster, Kunci Mudik Aman

Sejak Senin (25/4), pemudik sepeda motor mulai memadati UPPKB Losarang.

“Kami membangun rest area di jembatan timbang atau UPPKB, yang strategis untuk tempat peristirahatan. Terlebih, momentum mudik ini sudah dimanfaatkan oleh masyarakat, karena sudah diizinkan pemerintah. Kami memfasilitasi tempat peristirahatan bagi masyarakat, yang melakukan perjalanan panjang atau untuk mudik,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, yang gencar mengkampanyekan alih fungsi sementara UPPKB sebagai rest area.

“Masyarakat diimbau untuk memperhatikan kondisi fisik saat mengemudi, baik dengan mobil ataupun motor. Setiap 4 jam perjalanan, harus istirahat. Mau capek atau tidak, wajib istirahat,” kata Dirjen Budi.

 

Baca juga : Asyik, Suntik Vaksin Berhadiah Sembako Dan Migor Di Polsek Matraman

 

Senin (25/4) lalu, rest area UPPKB Losarang dikunjungi oleh 358 pemudik, 214 orang diantaranya menggunakan sepeda motor.

Salah satu pemudik sepeda motor, Iis yang mudik bersama suami dan anaknya dari Tangerang menuju Kuningan, mengaku merasa terbantu dengan kehadiran rest area ini.

“Enak di sini, nyaman. Biasanya di pinggir jalan. Ini lumayan nyaman. Apalagi, ada tempat bermain anak. Jadi anteng juga anaknya," ujar Iis.

Baca juga : Asyik... Nikah Di Jakarta Langsung Dibikinin KTP Baru Dan KK

 

 
 
Di rest area UPPKB Losarang, tersedia beberapa fasilitas untuk para pemudik. Antara lain toilet, mushola, tempat istirahat, hiburan karaoke, kursi pijat, dan tempat bermain anak.

"Selain itu, kami juga menyediakan posko kesehatan yang siap melayani pemudik untuk cek kesehatan. Mulai dari periksa tensi, antigen, maupun layanan pemberian vaksinasi sesuai dengan kebutuhan pemudik. Juga ada sejumlah tempat tidur untuk masyarakat yang singgah beristirahat. Agar dapat fit kembali untuk meneruskan perjalanan,” pungkas Dirjen Budi.

Dia menambahkan, dalam mendirikan rest area UPPKB Losarang ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dinas Kesehatan setempat, serta Polres Indramayu untuk menghadirkan pelayanan dan fasilitas yang nyaman bagi para pemudik motor. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.